Jum'at, 28 Januari 2022 / 24 Jumadil Akhir 1443 H

Nasional

Kontras Nilai Densus 88 Masih Sering Langgar HAM

[Ilustrasi] Densus 88.
Bagikan:

Hidayatullah.com–Catatan Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) menyebutkan, sepanjang 2013 operasi pemberantasan terorisme yang dilakukan oleh Detasemen Khusus (Densus) 88 masih kerap melanggar hak asasi manusia.

“Di tahun 2013 tercatat telah terjadi 29 peristiwa dengan pelanggaran hukum dan HAM yang dilakukan oleh Densus 88,” kata Haris Azhar, Koordinator Kontras, dalam pemaparan ‘Catatan Akhir Tahun Kontras’ di Kantornya, Jakarta, Senin (23/12/2013).

Haris menuturkan, pelanggaran yang dilakukan Densus 88 Anti Teror adalah penggunaan kekuatan berlebih yang mengakibatkan tewasnya si tertuduh, kemudian pelanggaran hak atas rasa aman, serta ketenanangan dari masyarakat.

“Contohnya, dalam kasus penembakan terhadap seorang warga Poso Sulawesi Tengah, korban yang diduga teroris, tidak membawa senjata mematikan, ditembak hingga tewas oleh Densus 88,” tuturnya, seperti diberitakan Tribunnews.

Haris menjelaskan, Kontras telah mempelajari bahwa dugaan pelanggaran hukum dan HAM yang dilakukan Densus 88 disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor itu adalah ketidakjelasan mekanisme evaluasi terhadap standar operasional prosedur (SOP) pemberian kewenangan terhadap Densus 88 dalam memerangi terorisme.

“Selain itu terdapat kelemahan yang sangat serius dari Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang Tindak Pidana Terorisme, di mana definisi terorisme sangat luas,” ucapnya.*

Rep: Insan Kamil
Editor: Syaiful Irwan

Bagikan:

Berita Terkait

Hari Guru Nasional, Kemenag Terus Berupaya Meningkatkan Kesejahteraan dan Kompetensi Guru

Hari Guru Nasional, Kemenag Terus Berupaya Meningkatkan Kesejahteraan dan Kompetensi Guru

PBNU Palestina

PBNU Serukan Sholat Ghaib Untuk Korban Insiden Crane Di Mekkah

Indonesia-Pakistan Jajaki Kerjasama Bidang Intelijen

Indonesia-Pakistan Jajaki Kerjasama Bidang Intelijen

mastikatun muslim tolikara

Mastikatun: Kerugian Saya Mencapai Rp. 4,5 Milyar

Kepada Densus 88, Usman Hamid: Hak-hak Munarman Harus Dihormati

Kepada Densus 88, Usman Hamid: Hak-hak Munarman Harus Dihormati

Baca Juga

Berita Lainnya