Anggota Komnas HAM Minta Dubes Indonesia di AS Dipulangkan Juga

Anggota Komnas HAM Minta Dubes Indonesia di AS Dipulangkan Juga

Terkait

Hidayatullah.com–Pemerintah diminta tidak hanya memulangkan Duta Besar Indonesia untuk Australia saja, melainkan juga memulangkan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat (AS).

Pernyataan ini disampaikan Maneger Nasution, Anggota Komisi Nasional Hak Azasi Manusia (Komnas HAM) menanggapi penyadapan yang dilakukan kedua negera tersebut terhadap pemerintah Indonesia.

“Mengapresiasi sikap tegas Menlu RI yang memulangkan Dubes RI dari Australia. Dan mendorong Presiden SBY berani bertindak tegas dengan memulangkan Duta Besar tidak hanya Australia tetapi juga Amerika,” kata Maneger kepada hidayatullah.com, Rabu (20/11/2013) siang.

Pemulangan ini, jelas Maneger, sangat penting guna meredam kemarahan publik Indonesia dan menegakkan kedaulatan bangsa berkaitan dengan dugaan kuat atas penyadapan yang dilakukan oleh kedua negara tersebut.

“Tindakan Amerika dan Australia tersebut sama sekali tidak mencerminkan semangat hubungan bersahabat di antara kedua negara sesuai dengan semangat konvensi Wina,” tegasnya.

Dengan demikian, lanjut Maneger, ini sinyal yang semakin terang benderang bahwa Amerika Serikat dan Australia tidak lulus uji ketulusan bersahabat dengan Indonesia.

Sebelumnya, sebagai protes aksi penyadapan Amerika dan Australis ke Indonesia, pemerintah telah memerintahkan Duta Besar RI untuk Australia, Nadjib Riphat Kesoema untuk kembali ke tanah air, Senin (18/11/2013).*

Rep: Ibnu Syafaat

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !