Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

Baltashar: Penambangan Penting, Tapi Jaga Lingkungan!

kompas.com
Bagikan:

Hidayatullah.com–Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya menegaskan, kegiatan penambangan harus lebih memperhatikan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Balthasar kembali mengingatkan perusahaan-perusahaan tambang, untuk lebih menggiatkan program-program pengelolaan lingkungan, seperti pelestarian keanekaragaman hayati dan pemanfaatan limbah non B3.

“Saya ingin memastikan bahwa bisnis pertambangan ini berjalan, dan lingkungan itu tetap terjaga, asri dan lestari. Karena kebetulan pertambangan ini berada di kawasan hutan taman nasional. Jadi ini harus dijaga,” kata Balthasar kepada wartawan, usai meninjau langsung pengelolaan tambang bawah tanah (underground mining), di PT Antam Tbk Unit Bisnis Pertambangan Emas Pongkor, Senin (04/11/2013).

Dalam kunjunganya ke PT Antam Tbk Unit Bisnis Pertambangan Emas Pongkor, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin 4 November 2013, yang diisi dengan acara penanaman pohon dan pelepasan Elang Ular Bido, Balthasar menilai, PT. Antam sebagai perusahaan plat merah telah menunjukkan komitmenya dalam hal pengelolaan lingkungan hayati, sebagaimana diamanatkan UU No. 5 Tahun 1990.

“Saya lihat tadi, dalam operasinya, lingkungan disini tetap asri. Kita lhat tadi mereka sudah lakukan upaya-upaya, selain penambangan ini, pembibitan disiapkan, bukan hanya reklamasi daerah tambangnya, tapi juga penghijauan di area-area kritis, masyarakat ikut menanam,” ujarnya.

Disadari Balthasar, sektor pertambangan memberikan kontribusi ekonomi besar terhadap negara dan masyarakat. Oleh karena itu, selain aspek lingkungan, Balthasar juga menghimbau perusahaan-perusahaan untuk jugaaktif dalam pengembangan masyarakat sekitar.

“Keberadaan perusahaan disini sangat penting, untuk bangsa, untuk negara,  untuk masyarakat kita, jadi ini penting. Tugas saya memastikan bahwa ini clear, clean tapi juga green.”

Dalam kesempatan ini, Balthasar juga menyatakan apresiasinya kepada PT. Antam, yang dinilainya sukses melakukan pengelolaan sumber daya alam sekaligus lingkungan. Ia menyebut, PT Antam dapat menjadi contoh dari pelaksanaan good mining practices.

“Sepertinya iya, good mining pratices. Kita apresiasi ini,“ pungkasnya.*

Rep: Anton R
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Koalisi Peduli Rohingya: PBB Mengutuk Pembantaian Rohingya

Koalisi Peduli Rohingya: PBB Mengutuk Pembantaian Rohingya

Penanganan LGBT di Indonesia Harus Komprehensif

Penanganan LGBT di Indonesia Harus Komprehensif

Sidang Tahunan Para Uskup Indonesia, Vatikan Ajak Wartakan Bible

Sidang Tahunan Para Uskup Indonesia, Vatikan Ajak Wartakan Bible

RI Lobi GNB Dukung Palestina Masuk PBB

RI Lobi GNB Dukung Palestina Masuk PBB

Polisi Usut Penganiayaan Ahli IT Hermansyah, HRS Sebut Upaya Pembunuhan Keji

Polisi Usut Penganiayaan Ahli IT Hermansyah, HRS Sebut Upaya Pembunuhan Keji

Baca Juga

Berita Lainnya