Kasus Penyadapan tunjukan AS dan Australia tak Tulus Bersahabat

Kasus Penyadapan tunjukan AS dan Australia tak Tulus Bersahabat
vivanews
Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Scot Marciel

Terkait

Hidayatullah.com—Kasus penyadapan di Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) dan Australia di Jakarta menunjukkan kedua Negara  sama sekali tidak mencerminkan semangat hubungan bersahabat. Pernyataan ini disampaikan Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Maneger Nasution.

“Sebagai negara sahabat, itu sudah tidak etis, melanggar saling percaya maupun kerjasama. Ini semakin terang benderang bahwa Amerika dan Australia tidak lulus uji ketulusan bersahabat dengan Indonesia,” demikian disampaikan Maneger dalam rilis nya yang dikirim ke redaksi hidayatullah.com, Senin (04/11/2013).

Ia juga meminta agar pemerintah RI menyampaikan protes keras kepada Amerika dan Australia atas dugaan penyadapan tersebut.

Sebelumnya media Australia, Sydney Morning Herald, melaporkan bahwa Kedutaan Besar Australia di Jakarta diketahui melakukan kegiatan spionase terhadap Indonesia. Kabar ini didapatkan selang sehari setelah kegiatan serupa juga disebut dilakukan Kedutaan Besar Amerika di Jakarta.

“Australia sudah lama memata-matai negara tetangga, khususnya Indonesia. Dan kita telah lama berusaha mengambil keuntungan dari itu dalam diplomasi,” demikian ditulis Sydney Morning Herald.*

Rep: Panji Islam

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !