Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

Wali Kota Bandung Canangkan Forum Masjid Bandung Juara

Bagikan:

Hidayatullah.com—Guna mewujudkan Kota Bandung  sebagai Kota Agamis yang bukan sekedar slogan semata-maka diperlukan langkah nyata dengan melibatkan semua warganya.

Masjid sebagai sarana sentral aktivitas umat Islam harusnya bukan hanya difungsikan sebagai tempat ibadah saja.Melainkan sebagai sarana membangun peradaban Islam menuju masyarakat yang lebih baik.

Demikian disampaikan Wali Kota Bandung,Ridwan Kamil di hadapan ratusan ulama dalam rangka silaturrahim di aula MUI Kota Bandung,Jum’at  (20/09/2013).

Ia menambahkan untuk membangun peradaban Islam selain dimulai dari keluarga juga bisa dipelopori dari masjid-masjid sebagai pusat kegiatan masyarakat khususnya kaum Muslim.

“Dengan suasana masjid yang bersih, makmur serta melek teknologi,insya Allah Bandung akan menjadi lebih baik lagi,”ujarnya.

Untuk itu Kang Emil, demikian ia akrab dipanggil, mengajak para DKM yang ada untuk membentuk Forum Masjid Juara sebagai media ukhuwah, silaturrahim dan musyawarah untuk membahas segala permasalahan yang ada dalam masyarakat sekaligus mencari solusinya.

Ia yakin dengan  dukungan sekira 4.000 an masjid yang ada maka untuk mewujudkan Bandung Juara bukanlah hal yang mustahil.

“Sebagai Wali Kota saya perlu dukungan dan kerja sama dengan alim ulama khususnya para DKM semua,insya Allah Bandung bisa juara segalanya baik (tingkat) lokal maupun nasional,”tekadnya.

Guna mendukung hal tersebut,dirinya siap keliling masjid setiap Jum’at untuk sosialisasi dan membaur bersama masyarakat.Sebagai langkah awal pihaknya akan memilih 10 masjid sebagai percontohan.

Selama tiga bulan kedepan masjid-masjid tersebut  akan diberdayakan, dimakmurkan hingga diberi fasilitas perpustakan elektronik dan sarana informasi yang berbasis internet sehingga diharapkan masjid jugamenjadi sarana belajar yang menarik khususnya generasi muda Islam.

“Dengan melek teknologi dan fasilitas pendukung lainnya insya Allah masjid akan lebih makmur,”imbuhnya.

Kang Emil yang baru sepekan dilantik sebagai Wali Kota Bandung  tersebut menargetkan pada Januari 2014 Forum Masjid Juara akan dilaunching. Dirinya optimis jika forum tersebut berjalan maka selama kepemimpinan Kota Bandung bisa menjadi contoh bagi Kota-Kota di Indonesia bahkan dunia.

“Saatnya  Bandung  kita bangun bersama, malu kalau masih disebut  juara macet dan banjir. Mari kita wujudkan Bandung sebagai juara sejati,”ajaknya yang disambut tepuk tangan.*

Rep: Ngadiman Djojonegoro
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Komisi X Ingatkan Pemerintah Masih Banyak Persoalan Guru Swasta

Komisi X Ingatkan Pemerintah Masih Banyak Persoalan Guru Swasta

Komisoner Komnas HAM Minta KPK Tidak Dijadikan Alat Pukul Lawan Politik

Komisoner Komnas HAM Minta KPK Tidak Dijadikan Alat Pukul Lawan Politik

Mahasiswa HTI Tolak Kampanye Kondom

Mahasiswa HTI Tolak Kampanye Kondom

Indonesia Lakukan Kerja Sama Pemberantasan Radikalisme dan Terorisme dengan Iran

Indonesia Lakukan Kerja Sama Pemberantasan Radikalisme dan Terorisme dengan Iran

Debat Capres-Cawapres Diharapkan Bermutu dan Berkualitas

Debat Capres-Cawapres Diharapkan Bermutu dan Berkualitas

Baca Juga

Berita Lainnya