Kamis, 25 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Nasional

SBY Diyakinkan Syeikh Al Azhar soal Mahasiswa RI

Bagikan:

Hidayatullah.com–Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melakukan pembicaraan telpon dengan Syeikh Agung Al Azhar, Prof Dr Ahmad Al Tayib untuk membicarakan tentang keselamatan mahasiswa terkait dengan krisis Mesir saat ini.

“Dalam pembicaraan telpon terbut, Syeikh Agung Al Azhar meyakinan kepada Bapak Presiden bahwa mahasiswa Indonesia dalam keadaan aman dan tidak perlu dievakuasi,” kata Duta Besar RI untuk Mesir, Nurfaizi Suwandi di Kairo, Ahad malam dikuti Antara.

Dubes Nurfaizi menyangkut pembicaraan telpon Kepala Negara dengan Syeikh Al Tayeb tersebut mengungkapkan bahwa Al Azhar dan Indonesia menaruh perhatian penuh terhadap keselamatan mahasiswa terutama di masa sulit ini.

“Bapak Presiden dan Syeikh Agung Al Azhar menaruh perhatian khusus kepada mahasiswa Indonesia dan menyatakan belum diperlukan evakuasi karena kemanan masih kondusif,” katanya.

Menurut Dubes Nurfaizi, ada dua alasan yang mendasari belum perlunya evakuasi, yakni pertama, kondisi keamanan masih kondusif, dan yang kedua adalah masa liburan musim panas segera berakhir.

Tahun ajaran baru di Universitas Al Azhar akan dimulai tanggal 21 September 2013.

Selain masalah mahasiswa, Presiden SBY juga menyampaikan keprihatianan dan simpati mendalam dari pemerintah dan rakyat Indonesia mengenai krisis di Mesir.

Pembicaraan telpon tersebut dilakukan sehari setelah Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Kairo, Dr Fahmy Lukman pada Kamis (21/8) bertemu dengan Penasehat Syeikh Agung Al Azhar Urusan Diplomatik, Abdel Rahman Musa.

Abdel Rahman Musa kepada Fahmi berjanji, jika situasi keamanan memburuk, maka Al Azhar akan pro aktif berkomunikasi dengan perwakilan-perwakilan negara asing di Mesir untuk mengambil langkah penyelamatan pelajar dan mahasiswa bersama-sama dengan Al-Azhar.

Jumlah mahasiswa Indonesia di Al Azhar berkisar 3.500 orang baik di Kairo maupun cabang-cabangnya di sejumlah provinsi.*

Rep: Panji Islam
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Komnas PA: Regulasi Tembakau Tidak Jelas

Komnas PA: Regulasi Tembakau Tidak Jelas

Da’i Berprestasi Diberi Hadiah Sepeda Motor

Da’i Berprestasi Diberi Hadiah Sepeda Motor

Sering Jasa Marga Cuekin Peringatan Komnas HAM

Sering Jasa Marga Cuekin Peringatan Komnas HAM

Menag Lukmanul Hakim akui Agama Baha’i

Menag Lukmanul Hakim akui Agama Baha’i

FPI Pertimbangkan Amankan Gereja

FPI Pertimbangkan Amankan Gereja

Baca Juga

Berita Lainnya