Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

Mualaf & Dhuafa Jole Banggai Dapat Zakat serta Bantuan Usaha

Bagikan:

Hidayatullah.com— Penduduk Muslim di Kelurahan Jole, Kabupaten Luwuk Banggai, Sulawesi Tengah, bangga dan berbahagia. Disela-sela hari sibuk menjalani ibadah Ramadhan, mereka mendapatkan santunan, zakat, dan bantuan usaha.

Penerima santunan bertajuk “Berkah Fitrah” diselenggarakan oleh Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (Laznas BMH) Cabang Luwuk Banggai itu sedikitnya 150 orang, yang sebagian besar diantaranya adalah janda, muallaf, fakir dan miskin serta anak-anak yatim dhuafa.

“Kegiatan ini juga secara khusus melakukan santunan bantuan modal usaha kepada pedagang kecil di wilayah ini,” kata Kepala Cabang BMH Yusran Yauma, di Luwuk Banggai, Rabu (07/08/2013). 

Dalam laporan singkatnya di hadapan hadirin, Yusran menyebutkan kegiatan sosial penyerahan santunan dan bantuan modal itu telah rutin digelar. Tahun lalu, pihaknya menyerahkan hibah mesin jahit kepada pengusaha konveksi rumah tangga. 

“Tahun ini, BMH Banggai menyalurkan amanah zakat yang sudah dititipkan untuk membantu 3 orang pedagang kecil untuk menambah modal usahanya, masing-masing sebesar Rp. 2.000.000,” jelas Yusran.

Wakil Bupati Luwuk Banggai Ir. H. Herwin Yatim, MM, yang hadir dalam kesempatan itu mengaku salut dan mengapresiasi kegiatan pemberdayaan ekonomi keummatan yang rutin digulirkan BMH setempat. 

“Saya sangat mengapresiasi terobosan yang dilakukan Hidayatullah. Saya mengikuti perkembangan Hidayatullah, khususnya BMH sejak launching tahun kemarin,” kata Herwin dalam sambutannya. 

Ia menyatakan BMH Luwuk Banggai terus melakukan kegiatan-kegiatan yang layak mendapatkan kepercayaan dan menjadi kebanggaan masyarakat Luwuk Banggai.  “Apalagi yang gerak ini adalah para anak muda,” imbuhnya.

Ada kejadian menarik dalam acara itu. Sesaat setelah Ketua Cabang BMH Luwuk Banggai Yusran Yauma menyampaikan bahwa pihaknya pada kesempatan itu akan menyerahkan bantuan modal usaha kepada pedagang kecil, rupanya wakil bupati ini langsung mengirim pesan singkat kepada staf pribadinya untuk segera menyiapkan dana dan langsung diantarkan ke tempat acara. Ketika kemudian ia mendapatkan giliran menyampaikan sambutan, Herwin Yatim langsung menyampaikan hal tersebut. Sehingga saat acara masih berlangsung, ketika asisten pribadinya datang mengantarkan tambahan dana pemberdayaan tersebut, wakil bupati langsung didaulat untuk menyerahkannya kepada 2 orang perwakilan para pedagang yang beruntung tersebut.

“Saya sangat mendukung langkah yang digulirkan BMH ini dalam membantu permodalan pedagang kecil. Pemberdayaan seperti ini yang layak mendapat atensi khusus dari kita semua,” pungkasnya.*

Rep: Ainuddin Chalik
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Pengungsi Rohingya di Aceh, Pemerintah Pusat Diharapkan Ambil Tindakan

Pengungsi Rohingya di Aceh, Pemerintah Pusat Diharapkan Ambil Tindakan

Tidak Hanya Jadi Imam Masjid, Hafidz Quran Juga Bisa Jadi Pengusaha

Tidak Hanya Jadi Imam Masjid, Hafidz Quran Juga Bisa Jadi Pengusaha

Sambil Menangis, Rachmawati: Ahok Harus Ditahan

Sambil Menangis, Rachmawati: Ahok Harus Ditahan

INPAS akan Bangun Peradaban Islam Melalui Ilmu di Jawa Timur

INPAS akan Bangun Peradaban Islam Melalui Ilmu di Jawa Timur

Ribuan Pengungsi Wamena Butuh Bantuan-bantuan ini

Ribuan Pengungsi Wamena Butuh Bantuan-bantuan ini

Baca Juga

Berita Lainnya