Rabu, 24 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Nasional

Universitas Negeri Malang juara umum MTQ Mahasiwa Nasional

Bagikan:

Hidayatullah.com–Universitas Negeri Malang berhasil meraih juara umum pada pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiwa Nasional XIII yang digelar di Padang pada 23-28 Juni 2013.

Keputusan tersebut dibacakan langsung oleh Ketua Dewan Hakim MTQ Mahasiswa Nasional XIII Said Agil Almunawar di Padang, Jumat (28/06/2013) malam pada penutupan acara yang digelar di Gelanggang Olahraga Agus Salim. Demikian dikutip Antara.

Universitas Negeri Malang berhasil keluar sebagai juara umum diikuti oleh Universitas Sumatera Utara dengan 15 poin , dan peringkat ketiga Universitas Negeri Padang dengan 11 poin.

Berikutnya, peringkat empat diperoleh oleh Universitas Muslim Indonesia dengan 11 poin, peringkat lima Universitas Syiahkuala Aceh dengan 11 poin dan pada peringkat enam Universitas Negeri Medan dengan sembilan poin.

Selanjutnya peringkat delapan diraih oleh Universitas Riau dengan lima poin, peringkat sembilan Universitas Patimura dengan lima poin dan peringkat 10 Universitas Tanjung Pura dengan lima poin.

Sementara, cabang Tilawatil Quran terbaik I putra di raih oleh Salman Amrilah dari Universitas Islam Nusantara Bandung dan putri diperoleh oleh Sofiatul Mina dari Universitas Negeri Malang.

Menurut salah seorang kafilah dari Universitas Negeri Malang Asri Diana Kamilin mengatakan keberhasilan meraih juara umum karena telah mempersiapkan diri jauh hari melalui pembinaan yang intensif.

Kafilah Universitas Negeri Malang yang diturunkan pada MTQ Mahasiswa Nasional XIII telah melewati dua kali seleksi berdasarkan hasil MTQ dua tahun yang lalu, kata dia.

Kafilah Universitas Negeri Malang terdiri atas 19 orang dan mengikuti 12 cabang yang diperlombakan.

MTQ Nasional Mahasiswa XIII diikuti 1.416 peserta dari 126 Perguruan Tinggi di Indonesia dari 32 provinsi yang memperlombakan 12 cabang.

Cabang dilombakan tersebut antara lain Musabaqah Tilawatil Al Quran, Musabaqah Tartil Al Quran, Musabaqah Hifdzhil Al Quran satu juz, Musabaqah Hifdzhil Al Quran dua juz, dan Musabaqah Hifdzhil Al Quran lima juz.

Kemudian, Musabaqah Qiraat Sab`ah Al Quran, Musabaqah Fahmil Al Quran, Musabaqah Syarhil Al Quran, Musabaqah Khathil AlQur an, Musabaqah Karya Ilmiah Al Quran, Musabaqah Debat Kandungan Al Quran dalam bahasa Arab dan Musabaqah Debat Kandungan Al Quran dalam bahasa Inggris.

Sementara, Universitas Andalas selaku tuan rumah harus mengakui keunggulan kafilah lainnya karena pada pelaksanaan MTQ kali ini peserta yang ikut jauh lebih baik.*

Rep: Panji Islam
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Bachtiar Nasir: KH Hasyim Muzadi Sosok Pemersatu

Bachtiar Nasir: KH Hasyim Muzadi Sosok Pemersatu

KPAI Temukan Dua Anak Tidak Ikut UN di Lapas Anak Tangerang

KPAI Temukan Dua Anak Tidak Ikut UN di Lapas Anak Tangerang

Pemeriksaan Lancar, Sebagian Jemaah Terserang ISPA dan Batuk

Pemeriksaan Lancar, Sebagian Jemaah Terserang ISPA dan Batuk

Lawan Korupsi Mulai dari Kampus

Lawan Korupsi Mulai dari Kampus

Wasathiyyah Islam Din

Din Syamsudin: UUD dan Pancasila Manifestasi Wasathiyyah Islam

Baca Juga

Berita Lainnya