Dompet Dakwah Media

Almarhum Zainal Nurrizki Mengenal Jama’ah Tabligh Sejak SMU

Tahun 2010,  almarhum pernah ikut program khuruj fi ke India, Pakistan, Bangladesh (IPB), tiga negara yang menjadi asal mula perkembangan Jamaah Tabligh(JT)

Terkait

Hidayatullah.com–Zainal Nurrizki, putra bungsu Ketua Umum Partai Hanura, Jenderal (Purn) Wiranto yang low profile aktif dalam gerakan dakwah Jamaah Tabligh (JT).

Kakak ipar Zainal, Abdi Setiawan (38) menceritakan, Zainal mulai kenal dengan dakwah sejak sekolah di SMA.

“Dia pernah khuruj seminggu di Temboro (sebuah desa di Magetan, Jawa Timur, tempat salah satu pesantren Jamaah Tabligh terbesar, red),” kata Abdi kepada hidayatullah.com, (30/05/2013).

Pada 2009 dia ikut program dakwah (khuruj) selama empat bulan ke daerah pedalaman di Ternate Maluku Utara.

Tahun berikutnya (2010), Zainal belajar dakwah dengan program khuruj fi sabillah ke India, Pakistan, Bangladesh (IPB), tiga negara yang menjadi asal mula perkembangan Jamaah Tabligh (JT).

Abdi melanjutkan, sepulang dari IPB itulah Zainal membulatkan tekadnya untuk mendalami Islam. Dia berhenti dari kuliahnya di UGM untuk mendalami ilmu-ilmu syariat di Ma’had Darool Ulum Zakariya di Johannesburg, Afrika Selatan.

Kata Abdi, Zainal telah menjalani 2 tahun masala belajarnya di ma’had itu.

“Hafalan al-Qur’annya belum banyak. Pada 2 tahun pertama dia fokus belajar bahasa Arab dan Urdu,” kata Abdi menjelaskan.

Sejak aktif di Jamaah Tabligh, kata Abdi, Zainal giat mengajak teman-temanya untuk taat kepada Allah.

“Akhlaknya kepada orangtua juga bagus sekali,” ujar Abdi.*

Rep: Surya Fachrizal Ginting

Editor: Cholis Akbar

Dukung Kami, Agar kami dapat terus mengabarkan kebaikan. Lebih lanjut, Klik Dompet Dakwah Media Sekarang!

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik:

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !