Jum'at, 17 September 2021 / 10 Safar 1443 H

Nasional

Kota Kupang akan Segera Punya Masjid Raya dan Islamic Centre

Bagikan:

Hidayatullah.com–Bila punya waktu luang, sesekali coba anda jalan-jalan lah ke kota Kupang NTT. Anda akan dimanjakan dengan bangunan indah, yakni Masjid Raya Nurussa’adah dan Islamic Center beralamat tepat di Jl. Soekarno No 24 Fontein, Kota Kupang NTT.

Masjid Raya dan Islamic Center direncanakan akan segera rampung pada bulan Juli tahun ini. Bangunan yang berdiri rapi ini sudah hampir selesai diperkirakan sudah 75 % .

Meski Islam tidak mayoritas, tahap demi tahap pembangunan Masjid Raya dan Islamic Center berjalan tanpa kendala apapun. Itu terbukti ketika peletakan batu pertama hadir turut andil memberi sumbangan Bapak Gubernur NTT (yang beragama katolik) dan Walikota Kota Kupang NTT.

Kepada hidayatullah.com, Ketua Panitia Pelaksana Pembangunan Islamic Center, Ir. H. Moh Anshor, pusat kegiatan Islam baik pendidikan dan dakwah akan diadakan di Masjida Raya Nurussa’adah dan Islamic Center jika pembangunan sudah rampung.

Ia juga menghimbau seluruh Ormas Islam di Kupang dapat bersatu dalam menyelesaikan persoalan umat ini. Anshor berharap, adanya Islamic Center dapat memberikan motivasi beragama umat Islam Kota Kupang dan sekitarnya.

Kelak, melalui Islamic Center ini akan ada beberapa bangunan kantor perwakilan Ormas-ormas Islam yang ada di Kota Kupang.

Menurut rencana, bangunan yang memakan dana sekitar Rp. 8 Miliar dari dana Anggaran Perbelanjaan Negara (APBN) Kementrian Agama Pusat Jakarta akan diresmikan oleh, Menteri Agama RI, Suryadharma Ali.

Muhammad Ramli, Sekretaris Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia, Provinsi NTT dan juga Wakil Imam Masjid Raya Nurussa’adah Kota Kupang mengatakan, Masjid Raya dan Islamic Center Nurussa’adah Kota Kupang ini merupakan icon kebanggaan umat Islam NTT nantinya.

Muhammad Ramli mengharapkan agar Masjid Raya ini juga menjadi kegiatan keumatan di NTT yang diharapkan mampu berperan untuk meningkatkan mutu dan kualitas umat di bidang pendidikan keagamaan.

Ia melanjutkan“Bentuk konkrit yang akan dilakukan adalah sebagai pusat dakwah berkumpulnya ormas-ormas Islam untuk bersama-sama berfikir dan bekerja sama, untuk kemaslahatan umat yang dari hari ke hari semakin terpuruk dengan seabrek persoalan dan yang paling penting adalah mewujudkan persatuan umat Islam Kota Kupang.

Sementara itu, Saharuddin seorang warga Kupang mengharapkan Masjid Raya Nurussa’adah ini selain menjadi tempat ibadah umat Islam juga menjadi tempat tradisi keilmuan melalui pusat pengkajian keislaman di NTT.

“Setiap tahun ada saja yang masuk Islam (muallaf). Sehingga dengan dibangunya Islamic Center dapat memberikan jawaban bahwa perkembangan umat Islam semakin maju di Kota Kupang dan sekitarnya,” demikian ujarnya.

Semoga pembangunan Islamic Center bisa rampung dan dapat digunakan untuk kaum Muslimin Kota Kupang dan sekitarnya, tutup Ramli.*/Usman Aidil Wandan, Kupang NTT

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Landasan RUU Perlindungan Ulama akan Diperjuangkan

Landasan RUU Perlindungan Ulama akan Diperjuangkan

Bulog Gencarkan OP, Pedagang Takut Harga Beras Turun Tiba-tiba karena Panen

Bulog Gencarkan OP, Pedagang Takut Harga Beras Turun Tiba-tiba karena Panen

Kultur Orangtua Pengaruhi Tumbuh Kembang Anak

Kultur Orangtua Pengaruhi Tumbuh Kembang Anak

Ulama Myanmar: Meski Didzalimi, Umat Islam Rohingya Teguh dengan Keislamannya

Ulama Myanmar: Meski Didzalimi, Umat Islam Rohingya Teguh dengan Keislamannya

Ketum Perhimpunan Al-Irsyad: Pemerintah Perlu Kaji Ulang Perppu Ormas

Ketum Perhimpunan Al-Irsyad: Pemerintah Perlu Kaji Ulang Perppu Ormas

Baca Juga

Berita Lainnya