Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

Imam Masjidil Haramain: Amalkan Al-Qur’an, Kita Jumpa di Syurga

Bagikan:

Hidayatullah.com– Acara Wisuda Akbar Indonesia Menghafal Qur’an (IMQ) 4 gelaran Pondok Program Pembibitan Penghafal Al-Qur’an (PPPA) Yayasan Daarul  Qur’an dihadiri Imam Dua Masjidil Haram Makkah-Madinah, Arab Saudi Syaikh Saad bin Sa’id Al-Ghamidi. Dalam penyampaiannya pada acara tersebut, Saad Al-Ghamidi menghimbau para hadirin agar mengamalkan al-Qur’an. Dengan begitu, dia berharap bisa berjumpa kembali dengan umat Islam di Syurga kelak.

“Setelah kita mempelajari al-Qur’an, menghafalkan al-Qur’an, dan kemudian melaksanakannya, kemudian keluar buahnya, yakni adalah akhlak,” pesannya dari atas panggung acara wisuda, Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Sabtu (30/3/2013).

Kepada para penghafal al-Qur’an di Indonesia khususnya, Syaikh kelahiran Damman, Arab Saudi, 19 Mei 1967 ini juga menghimbau agar tak hanya menghafalkannya semata. Pelantun murottal (lantunan bacaan indah) al-Qur’an yang sudah populer bagi pecinta murottal di Indonesia ini pun mengajak umat Islam untuk menyibukkan diri dengan kitab suci.

“Antum semua, kita semua, berada dalam nikmat yang besar sekali. Jika Allah tetapkan, jika Allah berikan hidayah, hidup bersama al-Qur’an, maka itulah sebenarnya sebesar-besarnya nikmat,” ujar Saad Al-Ghamidi seperti diterjemahkan Ustadz Yusuf Mansur di depan puluhan ribu hadirin yang memadati GBK.

“Yang lain sibuk dengan hartanya, sibuk dengan perniagaannya, sibuk dengan perbuatan dosanya bahkan, tapi kita semua di sini, antum semua di sini, menyibukkan diri dengan al-Qur’an,” lanjutnya.

Pada kesempatan tersebut, Saad Al-Ghamidi mengucapkan rasa terima kasihnya kepada segenap masyarakat Indonesia. Mulai dari ibu-ibu, bapak-bapak, perempuan, laki-laki sampai yang anak kecil. Dia pun mengaku belum pernah melihat negeri yang sebagus Indonesia.

“Sampai ketemu fil jannah (di syurga. Red), insya Allah!” ujarnya dengan campuran bahasa Indonesia dan bahasa Arab pada akhir sambutannya, yang diaminkan para hadirin.

Selain Saad Al-Ghamidi, syaikh-syaikh lain juga hadir dalam acara yang berlangsung sejak pagi hingga jelang adzan zhuhur ini. Di antara mereka Direktur Lembaga Daarul Qur’an wal Sunnah Gaza, Palestina Syaikh Abdul Jamal Yusuf, Imam Besar Masjid Al-Amin Beirut, Lebanon DR Amin Kurdi, Kementerian Agama dan Wakaf Qatar Syaikh Thoriq, Presiden Organisasi Tahsin Qur’an Internasional DR Abdullah bin Ali Bashfar (Arab Saudi), dan DR Kholid (Lebanon).

IMQ 4 diramaikan puluhan ribu peserta dari berbagai daerah se-Indonesia. Di awal-awal acara, para peserta melakukan parade dalam kafilah-kafilah sesuai provinsi masing-masing. Para kafilah berkeliling stadion, memakerkan penampilan mereka kepada para hadirin dan tetamu. Usai parade, sejumlah syaikh menyampaikan tausyiahnya di depan peserta.

Sebelumnya, Saad Al-Ghamidi menjadi imam shalat Jumat di Masjid At-Taqwa, Jalan Sriwijaya Raya, Kebayoran Baru, Jakarta (29/3/2013).*

Rep: Muhammad Abdus Syakur
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

ICMI Jatim Gelar Pelatihan Optimalisasi Saudagar Muslim

ICMI Jatim Gelar Pelatihan Optimalisasi Saudagar Muslim

FKUB: Aliran Kepercayaan Berbeda dengan Agama

FKUB: Aliran Kepercayaan Berbeda dengan Agama

Peringatan 1 Abad Syafrudin Prawiranegara

Peringatan 1 Abad Syafrudin Prawiranegara

Teror di Masjid Selandia Baru, PBNU: Dunia Layak Mengutuk

Teror di Masjid Selandia Baru, PBNU: Dunia Layak Mengutuk

Amien Rais: Pak Jokowi Jangan Lindungi Ahok

Amien Rais: Pak Jokowi Jangan Lindungi Ahok

Baca Juga

Berita Lainnya