Ahad, 28 Maret 2021 / 14 Sya'ban 1442 H

Nasional

KurangTerurus, Masjid An Nur Butuh Bantuan Pembaca

Bagikan:

Hidayatullah.com–Hampir 5 tahun ini keberadaan Masjid An-Nur Sampali Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara sangat memprihatinkan. Rumah Allah ini sudah tidak pernah lagi ada kegiatan shalat 5 waktu berjamaah. Belum lagi nampak semak belukar di halaman yang hampir menutupi masjid.

Masjid An-Nur ini berada di Jalan Kongsi VI Desa Sampali Kab. Deli Serdang Sumatera Utara jauh dari pusat Kabupaten Pemerintahan Deli Serdang sekitar 35 KM berada di Pinggiran Kota Medan.

Menurut Ustad Rahmat Afandi,  beberapa tahun terakhir masjid ini tidak ada petugas lagi dikarenakan tidak adanya fasilitas petugas (imam masjid) sudah tidak layak pakai lagi.
Menurut Ustad Ibnu Rusydi, mantan petugas dan Imam Masjid An-Nur,  saat itu kegiatan TPA nya pernah jalan, kini sudah tidak lagi.

“Kami saat itu sangat terkendala, karena posisi masjid di pinggir jalan yang suasananya bising/ rebut. Belum lagi debu jalan kadang kala bertiup kearah masjid.”

Mnurut  Rahmat Afandi, 3 tahun setelah diserahkan padanya untuk dikelola,  masjid ini sempat merenovasi. Kubah masjid dibangun dan menghabiskan dana kurang lebih 45 Juta. Dana saat itu datang dari beberapa orang, termasuk bantuan PKBL PTPN 3.

Kali ini, ia akan mengambali menggerakkan potensi yang ada dan menjadi masjid ini sebagai masjid dakwah bagi masyarakat sekitar.

“Insya Allah Masjid An-Nur Sampali ini akan kita jadikan Masjid Dakwah. Sebagai pusat kegiatan Dakwah untuk melayani ummat Muslim yang berada dekat masjid dan beberapa kegiatan dakwah lainnya,” ujar Ustad Rahmat Afandi.

Rahmat Afandi  sangat berharap agar Masjid An-Nur Sampali agar bisa secepatnya selesai kami renovasi.

“Agar kegiata dakwah yang kami harapkan dapat berjalan dengan baik dan bisa mengembalikan lagi fungsi masjid yang sesungguhnya,” tambahnya.

Masjid An-Nur rencananya akan dipasang pintu dan jendela kaca alumunium. Dengan ini diharapkan bisa dapat meredam suasana bising kendaraan dari luar. Untuk menjaga keamanan,  akan di pagar keliling serta pembangunan rumah fasilitas untuk petugas/ Imam Masjid An-Nur Sampali.

Yang berminat untuk ikut menghidupkan kembali kegiatan dakwah di masjid ini, silahkan konfirmasi ke 0878 0890 5442.*/Kiriman Masdar, Medan

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Gizi Buruk Asmat, KPAI: Saatnya Kemenkes Evaluasi Kubro

Gizi Buruk Asmat, KPAI: Saatnya Kemenkes Evaluasi Kubro

Bachtiar Nasir Pimpin Jamaah AQL Layani Korban Banjir Jakarta

Bachtiar Nasir Pimpin Jamaah AQL Layani Korban Banjir Jakarta

Ada Airmata untuk Suriah dan Rohingya di Ramadhan Kampus IPB

Ada Airmata untuk Suriah dan Rohingya di Ramadhan Kampus IPB

FPI Jawa Timur Menerima Keluhan Masyarakat Soal Maraknya Prostitusi

FPI Jawa Timur Menerima Keluhan Masyarakat Soal Maraknya Prostitusi

Isu Mega Tekan TV7 Beredar di Surabaya

Isu Mega Tekan TV7 Beredar di Surabaya

Baca Juga

Berita Lainnya