Sabtu, 27 Maret 2021 / 13 Sya'ban 1442 H

Nasional

Gagalkan Konspirasi dan Islamophobhia dengan Iman dan Ukhuwah

Bagikan:

Hidayatullah.com — Berbagai upaya dilakukan pihak luar terhadap Islam. Mulai gerakan konspirasi, kebencian dan islamophobia dilakukan terus-menerus. Namun sesungguhnya, benteng utama menghadapi itu adalah dengan mengokohkan keimanan dan ukhuwah  islamiyah.

Demikian benang merah dari seminar yang menghadirkan pakar tafsir Dr Musthafa Umar Lc, MA,  penulis buku Ustad Salim A Fillah dan Muallaf asal Amerika Jerry D Gray di Pekanbaru, Ahad  (10/03/2013).

Seminar bertajuk ”Satukan Ukhuwah, Gagalkan Konspirasi Penghancuran Generasi Muda Islam  Indonesia” itu dihadiri oleh hampir seribu peserta dari berbagai kota di Riau. Seminar  tersebut bagian dari kegiatan Riau Moslem Gathering (RMG) yang ditaja oleh Forum Silaturrahim Remaja Masjid Muthmainnah (FSRMM) POLDA Riau.

Jerry D Gray yang tampil perdana mengemukakan konspirasi untuk menghancurkan umat Islam  dilakukan dengan berbagai cara. Di antaranya melalui isu terorisme yang sesungguh isu yang  diciptakan untuk memusuhi umat Islam, penyerangan ke berbagai negara Islam untuk mengeruk  kekayaan alam negara terkait, menciptakan krisis ekonomi dengan sistem ribawi dan cara-cara  lain yang bertujuan menjauhkan kaum Muslimin dari agamanya.

Mantan awak pesawat militer Amerika Air Force One itu mengungkapkan musuh Islam juga  melakukan hal itu melalui permainan (games), musik, fashion dan makanan yang merusak.
Ditambahkan, untuk menghadapi kondisi dunia yang karut marut seperti yang terjadi saat ini  ada satu hal yang harus dilakukan yakni mengokohkan keyakinan.

”Jadikan Allah nomor satu,”  tegasnya.

Hal senada disampaikan Salim A Fillah. Ia  mengungkapkan solusi menghadapi upaya-upaya pihak yang ingin menghancurkan Islam adalah menjalin hubungan dengan Allah diantaranya dengan cara  mempelajari, memahami dan ”menghidupkan” nilai-nilai Qur’ani.

Selanjutnya, menjalin  ukhuwah dengan kelembutan hati, saling menguatkan dalam ibadah dan bersabar dalam keimanan.

”Sambungkan diri ke langit dan tebarkan cinta ke bumi,” begitu penulis berbagai buku best  seller itu mengistilahkan.

Ia juga menceritakan pengalamannya berkunjung ke Gaza bersama tim Sahabat Al-Aqsha beberapa waktu lalu. Di negeri jihad itu ia menemukan nilai-nilai Qur’ani dan ukhuwah tersebut benar-benar wujud. Di Gaza, lanjutnya, halaqah Quran mulai dari mempelajari tafsir, tahsin hingga siroh marak di berbagai masjid. Bahkan semarak penghapalan al-Quran menyebar di rumah, kantor dan berbagai tempat.

Sementara itu Dr Musthafa Umar mengemukakan keberadaan musuh Islam itu merupakan sunnatullah  yang telah ditetapkan.

”Musuh-musuh Islam ingin agar iman tercabut dari umat Islam,” ujar alumni Universitas Al-Azhar Mesir itu.

Sama seperti pembicara sebelumnya, Ustad Musthafa Umar kembali menegaskan bahwa hal  terpenting yang mesti dilakukan umat Islam adalah menyatukan hati dalam keimanan dan menjalin ukhuwah.

Ketua Panitia Diki Gunawan Putra mengemukakan RMG bertujuan untuk memberikan penyadaran  kepada umat Islam di Riau, terutama generasi muda terkait dengan upaya-upaya musuh Islam  serta bagaimana membentengi diri terhadap upaya tersebut. Ia mengemukakan pula, RMG juga  merupakan upaya menjalin silaturrahmi antara remaja masjid dan aktivis dakwah di Riau.

Hadir pada acara itu staf ahli Gubernur Riau Ir Feizal Qamar Karim, Pembina FSRMM Drs.  Nazrial, SSi dan AKBP M Yunus, S.Psi, MSi, serta berbagai utusan dari lembaga dakwah dan  organisasi kerohian Islam di Riau.

Usai seminar kegiatan dilanjutkan dengan konser nasyid yang menghadirkan Justice Voice.  Kelompok Nasyid asal Jogjakarta itu membawa 10 lagu.*/Idris A, Riau
 

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

DPD RI Minta Penyelenggara Pemilu Lebih Responsif

DPD RI Minta Penyelenggara Pemilu Lebih Responsif

Muhammadiyah Mengecam Peledakan Bom di Surabaya

Muhammadiyah Mengecam Peledakan Bom di Surabaya

Dirjen Pendidikan Islam: Guru Madrasah Harus Jadi Rujukan Masyarakat

Dirjen Pendidikan Islam: Guru Madrasah Harus Jadi Rujukan Masyarakat

Pemerintah Dihimbau Usut Raibnya Aset Negara Sebesar Rp 6,89 T

Pemerintah Dihimbau Usut Raibnya Aset Negara Sebesar Rp 6,89 T

Cuka Buah Kesukaan Rasulullah ﷺ

Cuka Buah Kesukaan Rasulullah ﷺ

Baca Juga

Berita Lainnya