Jum'at, 28 Januari 2022 / 24 Jumadil Akhir 1443 H

Nasional

LPPOM MUI Jabar Akan Gelar Halal Expo

ilustrasi: Halal Expo 2011 di Jakarta
Bagikan:

Hidayatullah.com—Kesadaran produsen  dan konsumen akan pentingnya produk halal khususnya bagi kalangan Muslim kian meningkat. Namun demikian seringkali kaum Muslim sendiri masih terkendala akan minimnya informasi akan hal tersebut.Untuk itu guna memasyarakatkan produk halal Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) Jawa Barat akan menggelar halal expo.

Demikian diungkapkan Direktur LPPOM MUI Jabar,Drs O.Suprijatna kepada hidayatullah.com di kantornya Jalan R.E.Martadina Kota Bandung, Selasa (05/03/2013).

Suprijatna menjelaskan selain bertujuan memasyaratkan produk halal khususnya kepada kalangan Muslim juga sebagai wahana produsen untuk menangkap peluang pasar yang masih terbuka luas.

“Selama ini publik (kaum Muslim) hanya tahu melalui majalah Journal Halal yang kita terbitkan atau pameran yang terbatas.Nah dalam expo nanti insya Allah produsen akan langsung menampilkan ragam produknya,” jelasnya.

Selain produk halal, LPPOM juga akan menampilkan ragam jasa yang sudah mendapatkan label halal dari MUI seperti jasa perbankan,asuransi dan pembiayaan syariah serta biro perjalanan.

Suprijatna berharap gelaran tersebut bisa menjadi media promosi dan ajang silaturrahim baik LPPOM MUI dengan produsen, produsen dengan produsen maupun produsen dengan konsumen.

Sementara itu Drs.Rafani Achyar selaku Ketua Pelaksana Halal Expo menambahkan acara yang akan berlangsung 4 – 7 Juli 2013 tersebut sedikitnya akan ada 300 perusahaan yang sudah menyatakan siap meramaikan acara tersebut.

Selain akan diikuti perusahaan lokal di Jawa Barat, expo tersebut juga akan diikuti perusahaan nasional,multi nasional juga perusahaan daerah di luar Jabar.

“Selain menampilkan produk dan jasa juga akan diselenggarakan talk show pentingnya produk halal serta pelatihan Sistem Jaminan Halal (SJH) bagi usaha kecil maupun menengah,”imbuhnya.

Rafani sendiri berharap expo yang diselenggarakan menjelang Ramadhan tersebut dapat menjadi momen sekaligus panduan bagi kaum Muslim dalam mengkonsumsi produk halal khsusunya yang telah mendapat sertivikasi dari LPPOM MUI.

Ia juga berharap momen tersebut juga mampu mendorong kalangan produsen untuk segera mencantumkan label halal sesui standar MUI. Namun ia belum bisa memastikan siapa yang akan membuka pameran tersebut.

“Mudah-mudahan Menteri Agama atau Gubernur,”harapnya.*

Rep: Ngadiman Djojonegoro
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Korban Larangan Berjilbab Mengadu ke LBH Surabaya

Korban Larangan Berjilbab Mengadu ke LBH Surabaya

Kemdikbud Akui Pendidikan Dini Masih Kurang Perhatian

Kemdikbud Akui Pendidikan Dini Masih Kurang Perhatian

Kritik Blusukan Mensos, Fahri Hamzah:  Risma Seorang Menteri, Bukan Wali Kota

Kritik Blusukan Mensos, Fahri Hamzah: Risma Seorang Menteri, Bukan Wali Kota

OKI Menyampaikan Belasungkawa Indonesia

OKI Sampaikan Belasungkawa Kepada Indonesia Atas Musibah NTT

Pandangan Sekuler Tentang Ketahanan Keluarga Tidak Pas Bagi Masyarakat Indonesia

Pandangan Sekuler Tentang Ketahanan Keluarga Tidak Pas Bagi Masyarakat Indonesia

Baca Juga

Berita Lainnya