Jum'at, 26 Maret 2021 / 12 Sya'ban 1442 H

Nasional

JK: Katakan ‘Tidak’, Ternyata Masih Korupsi

Kuliah umum mantan Wapres Jusuf Kalla saat menerima Doktor Honoris Causa dari UI/Antara.
Bagikan:

Hidayatullah.com–Kepercayaan amat penting dalam suatu kepemimpinan. Kepercayaan adalah dasar utama dalam membangun kepemimpinan yang kuat. Demikian kata mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla saat memberi kuliah umum di Balai Sidang Kampus Universitas Indonesia, Depok, Selasa (26/2/2013) dengan tajuk “Kepemimpinan dan Kepercayaan”.

Jusuf Kalla (JK) kemudian memberikan contoh kasus prahara yang terjadi di Partai Demokrat. Ia menilai goyangnya partai penguasa itu disebabkan hilangnya kepercayaan publik saat kader partai berlambang bintang mercy itu terjerat korupsi, padahal Demokrat menggembar-gemborkan slogan antikorupsi.

“Masih hangat dalam ingatan kita, suatu yang tidak dilakukan, saat kampanye ‘katakan tidak pada korupsi’ ternyata melakukan korupsi, akhirnya jatuh segala-galanya,” ujar JK dalam kuliah umum penerimaan gelar Doktor Honoris Causa dalam bidang kepemimpinan dari Universitas Indonesia kepada dirinya.

Lebih lanjut JK mengatakan, pentingnya kepercayaan tidak hanya ada dalam kehidupan politik, namun juga di segala bidang, termasuk di antaranya dalam bidang usaha atau bisnis. Ia menyebut pentingnya membangun kepercayaan dalam usaha.

“Dalam bisnis, restoran ini dibilang enak, ternyata tidak enak, bakal hilang pelanggannya. Kepercayaan jadi dasar dari suatu hasil,” imbuhnya, dalam Tribunnews.

Ia menilai sudah waktunya pemimpin menempatkan kepercayaan dalam membangun pemerintahan di Indonesia. Walaupun tidak mudah, kepercayaan harus senantiasa dijaga.

“Tidak mudah, dalam sejarah Indonesia, berapa kali pemerintahan jatuh bangun karena kepercayaan. Jadi yang terpenting bagaimana kita membina kepercayaan,” tandasnya.*

Rep: Insan Kamil
Editor: Syaiful Irwan

Bagikan:

Berita Terkait

Truk Berisi Alkitab 40 Ton Terguling ke Jurang

Truk Berisi Alkitab 40 Ton Terguling ke Jurang

Din Syamsuddin dan Para Tokoh Bentuk Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia'

Din Syamsuddin dan Para Tokoh Bentuk Koalisi Aksi ‘Selamatkan Indonesia’

Sahabat Al-Aqsha Pamerkan Keindahan Baitul Maqdis bersama Fotografer Inggris

Sahabat Al-Aqsha Pamerkan Keindahan Baitul Maqdis bersama Fotografer Inggris

Jumlah Penduduk Indonesia Bertambah

Jumlah Penduduk Indonesia Bertambah

Pemda Diminta Perhatikan Masjid Tua Kayu Jao

Pemda Diminta Perhatikan Masjid Tua Kayu Jao

Baca Juga

Berita Lainnya