Kamis, 8 Juli 2021 / 29 Zulqa'dah 1442 H

Nasional

Muhammadiyah dan Hidayatullah ajak Warganya Bantu Korban Banjir

“Kepada saudara-saudara korban agar menghadapinya dengan sabar” (foto: metro)
Bagikan:

Hidayatullah.com—Muhammadiyah dan Hidayatullah mengajak masyarakat ikut andil membantu korban banjir yang kini melanda Ibu Kota Jakarta dan sekitarnya. Pernyataan ini disampaikan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dr. Din Syamsuddin.

Menurut Din, banjir yang melanda Ibu Kota Jakarta saat adalah musibah alam yang ada hubungan dengan perbuatan manusia. Lebih jauh, ia berharap para korban bisa menghadapinya dengan sabar.

“Kepada saudara-saudara korban agar menghadapinya  dengan sabar,” ujarnya dalam rilis yang dikirim ke redaksi hidayatullah.com, Jumat, (18/01/2013). 

Selanjutnya, ia mengharap masyarakat dan warga Muhammadiyah ikut membantu menolong korban.

“Segenap warga masyarakat lain khususnya warga  Muhammadiyah agar membuktikan solidaritas kemanusiaan dengan membantu menanggulangi para korban,” tambahnya. 

Muhammadiyah sendiri menuru Din, telah menurunkan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) dengan meningkatkan peran 41 Posko berbasis masjid yang ada membantu evakuasi.

Ukhuwah

Senada dengan Muhammadiyah, organisasi Hidayatullah berharap pada masyarakat yang terkena dampak bencana bersabar dan tidak berputus asa atas musibah ini. Hidayatullah yakin,  Allah tak akan memberikan sebuah ujian kecuali ada hikmah di balik semua itu. 

“Hendaklah musibah ini menjadikan kita lebih dekat kepada Allah dan perbanyaklah istighfar,” ujarnya Humas Hidayatullah, Mahladi dalam rilisnya yang dikirim ke redaksi.

Hidayatullah juga mengajak masyarakat yang tidak terkena dampak bencana banjir hendaklah membantu masyarakat yang terkena musibah, baik berupa tenaga, dana,maupun doa. 

Hidayatullah sendiri telah menurunkan Posko relawan kemanusiaan di beberapa titik. 

“Para relawan dan warga Hidayatullah saat ini juga telah siap membantu dengan mendirikan Posko-posko di sejumlah titik,” ujar Mahladi.

“Marilah kita perkuat ukhuwwah agar problematika umat ini bisa teratasi dan bangsa ini bisa bermartabat,” tambah Mahladi.

Muhammadiyah dan Hidayatullah berharap, pemerintah serius menanggulangi musibah banjir yang sedang terjadi saat ini.

“Kepada pemangku amanat, baik pemerintah Pusat maupun Pemprov  DKI Jakarta agar bekerja keras dan serius menanggulangi dan mengantisipasi banjir. Wacana tidak cukup untuk menyantuni rakyat yang memerlukan kerja dan bukti nyata,” ujar Din Syamsuddin. * 

Rep: Panji Islam
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Ali Mochtar Ngabalin Sebut Demonstran Penolak UU Cipkater “Sampah Demokrasi”

Ali Mochtar Ngabalin Sebut Demonstran Penolak UU Cipkater “Sampah Demokrasi”

Banyak Pihak Tidak Fair Melihat Kasus FPI

Banyak Pihak Tidak Fair Melihat Kasus FPI

Hendropriyono Dukung Hidupkan Pasal Penghinaan Presiden, Jokowi Setuju

Hendropriyono Dukung Hidupkan Pasal Penghinaan Presiden, Jokowi Setuju

MUI Garut: Pembakaran Kalimat Tauhid Tidak Boleh

MUI Garut: Pembakaran Kalimat Tauhid Tidak Boleh

Pagi Ini, Presiden Jokowi Hadiri Perayaan 90 Tahun Pondok Gontor

Pagi Ini, Presiden Jokowi Hadiri Perayaan 90 Tahun Pondok Gontor

Baca Juga

Berita Lainnya