Selasa, 23 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

Penerbit Widyatama Klarifikasi soal Waria dalam Buku Balita

Bagikan:

Hidayatullah.com–Direktur Redaksi Penerbit Widyatama, Arisatya Yogaswara, akhirnya mengklarifikasi soal adanya kalimat yang memasukkan kata waria dalam buku karangan Intan Noviana M.Si berjudul “Balita Langsung Lancar Membaca”.

Arisatya  membenarkan adanya kalimat tersebut dalam buku yang berisi latihan drilling suku kata itu.

“Benar pada isi materi buku tersebut, ada kalimat (berupa rangkaian suku kata) seperti yang disebutkan”, terangnya kepada hidayatullah.com, Jum’at (04/01/2012)lalu.

Menurutnya, kesalahan tersebut murni karena human error, buku terebut telah disunting oleh editor dan terlewat.

“Naskah tersebut sebelumnya telah melalui proses pengeditan oleh redaksi Pustaka Widyatama. Termuatnya materi tersebut bisa kami pastikan sebagai kealpaan editorial yang disebabkan oleh human error. Karena sebelumnya, banyak juga materi-materi yang tak layak pada naskah tersebut, namun telah disunting oleh redaksi kami. Sayangnya, kalimat tersebut terlewat oleh editor kami. Sehingga dapat kami pastikan hal ini adalah di luar kesengajaan,” jelasnya.

Menurut Arisatya, buku yang terbit pada tahun 2010 ini telah direvisi dan dicetak ulang pada bulan Juni 2011.

“Kami telah mendeteksi masalah ini setahun yang lalu dan telah merevisi isi buku tersebut pada bulan Juni 2011. Di mana kami telah  memperbaiki dan mengganti kalimat tersebut pada cetakan kedua buku tersebut (terbit 2011),” jelasnya lagi.

Ia juga menghimbau kepada seluruh Toko Buku yang masih menjual cetakan lama dari buku tersebut agar mereturnya kepada penerbit Widyatama.

“Buku yang baru-baru ini ditemui seperti diberitakan hidayatullah.com tersebut kemungkinan merupakan sisa cetakan lama. Adapun yang terjual di Gramedia Online harus dipastikan terlebih dahulu, apakah buku tersebut merupakan sisa cetakan lama atau cetakan cetakan yang telah direvisi. Karena kami menghimbau agar toko buku yang menemukan atau masih menjual buku cetakan lama dari buku tersebut bisa mereturnya ke pihak distributor karena kami telah menerbitkan revisi  cetakan kedua dari buku tersebut,” himbaunya.

Seperti diberitakan media ini sebelumnya, seorang pemilik akun twitter bernama Yhanuar Purbokusumo hari Rabu (02/01/2012), mengeluhkan setelah sebuah buku untuk Balita yang dibelinya di Toko Buku Leksika Kalibata City, berjudul “Balita Langsung Lancar Membaca” yang ditulis oleh Intan Noviana Penerbit Pustaka Widyatama dinilai mengakampanyekan waria.

Dalam keluhannya tersebut, ia menandai akun twitter milik Toko Buku Leksika @Leksika_KC dan melampirkan foto dengan buku bertuliskan “Ada Waria Suka Wanita” di halaman 71.*

Rep: Sarah Chairunisa
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Diskusi Mushida Mesir: Para Muslimah Harus Perduli Masalah Keumatan

Diskusi Mushida Mesir: Para Muslimah Harus Perduli Masalah Keumatan

MUI Akan Gelar Festival dan Kongres Budaya

MUI Akan Gelar Festival dan Kongres Budaya

PKS Minta Pemerintah Tegas Pertahankan Kedaulatan Laut Natuna

PKS Minta Pemerintah Tegas Pertahankan Kedaulatan Laut Natuna

Hanya Ada di Indonesia, Mahasiswa Bakar Kampus Sendiri

Hanya Ada di Indonesia, Mahasiswa Bakar Kampus Sendiri

Kekerasan atas Tokoh-tokoh Agama, Waspadai Upaya Adu Domba

Kekerasan atas Tokoh-tokoh Agama, Waspadai Upaya Adu Domba

Baca Juga

Berita Lainnya