Senin, 25 Oktober 2021 / 18 Rabiul Awwal 1443 H

Nasional

MPI Riau Taja Tabligh Akbar dan Solidaritas untuk Palestina dan Suriah

ummat Islam dihimbau membangun solidaritas dan persaudaraan dengan menginfakkan sebagian rezekinya
Bagikan:

Hidayatullah.com–Sekitar 500 jama’ah berkumpul di Masjid Agung An-Nuur provinsi Riau untuk menyimak pemaparan relawan Hilal Ahmar Society Indonesia (HASI), sebuah lembaga yang bergerak untuk pelayanan kesehatan yang telah terjun langsung untuk membantu rakyat Suriah, dalam acara bertajuk “Tabligh Akbar dan Solidaritas untuk Palestina dan Suriah” pada Sabtu pagi (24/11/2012).

Acara ini ditaja oleh Mahasiswa Pecinta Islam (MPI) Riau bekerjasama dengan Tafaqquh Study Club dan HASI. Pada kesempatan ini, hadir sebagai narasumber yakni Abu Harits, Lc –relawan HASI- dan Dr. Musthafa Umar, Lc. MA, ulama Riau.

Dalam pemaparannya, Abu Harits yang telah berangkat ke Suriah pada Ramadhan yang lalu menyampaikan bahwa konflik yang terjadi di Suriah sama seperti di Gaza, Palestina, yakni konflik ideologis antara haq dan bathil.

“Konflik yang terjadi di Suriah sama seperti yang terjadi di Gaza, Palestina. Yakni konflik ideologis (antara Islam Ahlus Sunnah dan Syi’ah Nushairiyyah),” tutur beliau.

Beliau juga mengingatkan agar kita tetap peduli kepada Suriah disamping kepedulian terhadap Palestina dan negeri muslim lainnya, karena Palestina dan Suriah adalah sama-sama negeri Syams.

“Negeri Syams, negeri yang diberkahi oleh Allah melalui sabda Rasulullah. Derita negeri Syams adalah derita kita juga, karena negeri Syams adalah negeri kaum Muslimin,” ujar beliau.

Pada pembahasan selanjutnya, Dr. Musthafa Umar, Lc. MA menghimbau agar ummat Islam dapat membangun solidaritas dan persaudaraan dengan menginfakkan sebagian rezeki yang diberikan Allah.

“Negeri Syams tidak boleh ditinggalkan sendiri. Meskipun kita berada di bumi Indonesia ini, kita mesti bersama dengan mereka. Paling tidak memberikan sebahagian rezeki yang Allah amanahkan kepada kita. Kita adakan acara ini untuk membangunkan solidaritas persaudaraan kita. Solidaritas sebagai bentuk persaudaraan, dan persaudaraan ialah bukti keimanan” ujar doktor jurusan tafsir Universitas Malaya Malaysia ini.

Di akhir acara diadakan penggalangan dana untuk Palestina dan Suriah, dan terkumpul dana sebesar Rp. 45.070.000,- yang akan diserahkan langsung kepada HASI.*/M Dayat, Pekanbaru

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Ansor Minta UAS Dimonitor karena Krunya Pakai Simbol Tauhid

Ansor Minta UAS Dimonitor karena Krunya Pakai Simbol Tauhid

Indonesia Tuan Rumah Konferensi Penghafal Al-Quran

Indonesia Tuan Rumah Konferensi Penghafal Al-Quran

Media Islam Online Dinilai Makin Memiliki Pengaruh

Media Islam Online Dinilai Makin Memiliki Pengaruh

Kegiatan di Tempat Publik Dinilai Bagus untuk Edukasi Warga

Kegiatan di Tempat Publik Dinilai Bagus untuk Edukasi Warga

Qatar Siap Bantu Pengadaan Air Bersih di Indonesia

Qatar Siap Bantu Pengadaan Air Bersih di Indonesia

Baca Juga

Berita Lainnya