Kamis, 25 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Nasional

DPR Kutuk Serangan Zionis ke Gaza

Ketua DPR RI periode 2009-2014 Marzuki Alie.
Bagikan:

Hidayatullah.com–Ketua DPR RI Marzuki Alie mengutuk keras penyerangan yang dilakukan oleh tentara Zionis Israel terhadap pejuang Palestina di Jalur Gaza.

“Sejak dulu kita konsisten untuk mendukung kemerdekaan Palestina,” kata Marzuki di Bali, Rabu (21/11/2012) malam.

Menurutnya, ketika membicarakan mengenai Palestina, bukan berarti berkaitan dengan agama, yang selama ini dijadikan alasan untuk saling serang di antara umat manusia.

Namun, dukungan terhadap Palestina tersebut menyangkut hak hidup umat manusia dan kemanusiaan masyarakat di dunia.

“Kami mengutuk keras dan meminta Israel menghentikan serangan itu. Bicara tentang Palestina itu bukan berarti tentang agama, karena agama mereka beragam, ada Islam, Kristen, dan Yahudi,” jelasnya.

Terkait akan hal itu, Marzuki Alie, yang juga menjabat sebagai Presiden Persatuan Parlemen Organisasi Kerja Sama Islam (PUIC) mengatakan, pihaknya sedang mendalami rancangan pernyataan sikap PUIC terkait eskalasi situasi di Jalur Gaza.

Pernyataan sikap yang menuntut penghentian serangan tersebut rencananya akan dibahas di Sidang Darurat Eksekutif Komite PUIC di Mesir pada Desember.

“Tadinya akan digelar di Turki, tapi kelihatannya Mesir lebih berminat walaupun di negara itu belum ada parlemen, hanya senat,” jelasnya, dilansir Antara.

Marzuki juga akan melakukan kunjungan ke Gaza untuk melihat langsung kondisi perkembangan terakhir di wilayah tersebut.

Situasi keamanan di Palestina kian memanas setelah serangan yang dilakukan tentara Israel terhadap pejuang Palestina di Gaza.

Serangan roket kembali terjadi, hingga menewaskan seorang prajurit Yahudi dan satu orang Badui, di pangkalan militer yang berada dekat perbatasan Jalur Gaza.

Pada Selasa sore (20/11) waktu setempat, Pasukan Pertahanan Israel (IDF) membenarkan, hampir selusin tentaranya mengalami cedera karena terkena serpihan roket hingga dirawat di salah satu rumah sakit di Kota Be`er Sheva di Israel Selatan.

Sementara itu pada Selasa malam, satu peluru kendali diluncurkan dari Jalur Gaza dan menghantam satu bangunan tempat tinggal di Rishon Lezion, kota besar yang berada sekira 20 kilometer dari Tel Aviv.

Seperti dilansir Kantor Berita Xinhua, serangan tersebut beserta hampir 100 roket lainnya yang diluncurkan dari Jalur Gaza ke wilayah Israel.

Tekanan diplomatik semakin meningkat yang menuntut dicapainya kesepakatan gencatan senjata antara tentara Israel dan kelompok pejuang Palestina di Jalur Gaza.*

Rep: Insan Kamil
Editor: Syaiful Irwan

Bagikan:

Berita Terkait

Ketum Pemuda Muhammadiyah: Mari Hidupkan Dialog, Bergandengan Tangan

Ketum Pemuda Muhammadiyah: Mari Hidupkan Dialog, Bergandengan Tangan

YLKI: Tak Perlu Berlebihan Pakai Masker, Produsen Jangan Eksploitasi Masyarakat

YLKI: Tak Perlu Berlebihan Pakai Masker, Produsen Jangan Eksploitasi Masyarakat

Menag Luncurkan Program Madrasah Riset Nasional

Menag Luncurkan Program Madrasah Riset Nasional

Indonesia Dorong OKI Penyelesaian Suriah

Indonesia Dorong OKI Penyelesaian Suriah

Aa Gym Resmikan Rumah Tangguh Lombok

Aa Gym Resmikan Rumah Tangguh Lombok

Baca Juga

Berita Lainnya