Jum'at, 26 Maret 2021 / 12 Sya'ban 1442 H

Nasional

BJ Habibie Dapat Penghargaan “Sepuluh November” dari ITS

Kehadiran Habibie dinantikan seluruh jajaran civitas akademika ITS
Bagikan:

Hidayatullah.com–Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya memberikan penghargaan “Sepuluh November” kepada mantan Presiden BJ Habibie saat puncak Dies Natalis ke-52 ITS di Graha ITS Surabaya, 10 November.

“Pak BJ Habibie datang ke ITS untuk memberikan orasi ilmiah sekaligus meresmikan Dies Natalis ke-52 ITS, tapi pihak ITS pun akan memberikan penghargaan khusus “Sepuluh November” kepada beliau,” kata ketua pelaksana Dies Natalis ke-52 ITS, Dr Ir Setyo Nugroho, di Surabaya, Kamis (08/11/2012) dikutip Antara.

Menurut dosen jurusan Teknik Perkapalan itu, penghargaan itu belum pernah diberikan ITS kepada siapapun dan baru pertama kali disematkan kepada “Bapak Teknologi Indonesia” BJ Habibie.

“ITS memberikan penghargaan itu kepada BJ Habibie sebagai penghargaan atas jasa-jasanya dalam membantu pendirian Laboratorium Hidrodinamika Indonesia (LHI) di kompleks ITS,” katanya.

Ia mengatakan penghargaan khusus itu juga diberikan setelah BJ Habibie tidak menginjakkan kaki di kampus ITS selama kurun 20 tahun, sehingga kehadirannya sangat dinantikan oleh seluruh jajaran civitas akademika ITS, bahkan warga Surabaya.

“Tidaklah mudah untuk mengundang Habibie, bahkan upaya mendatangkan Bapak Teknologi Indonesia itu telah dilakukan sejak beberapa tahun lalu. Sulit mengundang beliau, karena waktu beliau yang sangat padat,” katanya.

Bahkan, beberapa perguruan tinggi di luar Indonesia pun rela untuk berkunjung ke Indonesia hanya untuk mendengarkan pidato singkat dari mantan Menteri Riset dan Teknologi RI tersebut.

“Rektor Wismar University Jerman yang sudah datang ke ITS pada beberapa hari lalu, juga akan tiba lagi hanya untuk mendengarkan orasi pak Habibie,” katanya.

Bagi mahasiswa maupun elemen sivitas lain yang kelewatan karena keterbatasan undangan, katanya, mereka bisa menyaksikan lewat “live video streaming” di Fakultas Teknologi Kelautan (FTK).

Sehari sebelumnya (09/11/2012), panitia Dies Natalis ke-52 ITS juga menggelar acara “Pencerahan dan Motivasi” oleh Chairul Tandjung (Si Anak Singkong) dan Mendikbud Mohammad Nuh untuk seluruh penerima beasiswa Bidik Misi ITS, Unair, PPNS dan PENS.*

Rep: Panji Islam
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Disiapkan 20 Bilik untuk Memilih 13 Pengurus PP Muhamamdiyah

Disiapkan 20 Bilik untuk Memilih 13 Pengurus PP Muhamamdiyah

Fahri Hamzah: Bangsa Indonesia Adalah Raksasa Tidur

Fahri Hamzah: Bangsa Indonesia Adalah Raksasa Tidur

44 Persen Pelajar Setuju Pacaran Disertai Hubungan Seks

44 Persen Pelajar Setuju Pacaran Disertai Hubungan Seks

Riset Baznas, IDB dan IPB: Potensi Zakat 2011 capai Rp 217 T

Riset Baznas, IDB dan IPB: Potensi Zakat 2011 capai Rp 217 T

Penjajah Zionis Serbu Masjid di Hebron

Penjajah Zionis Serbu Masjid di Hebron

Baca Juga

Berita Lainnya