Senin, 29 November 2021 / 23 Rabiul Akhir 1443 H

Nasional

Komaruddin: Pendidikan Bisa Melipatgandakan Harga Seseorang

Pendidikan bukan hanya transfer ilmu tapi juga internalisasi ilmu
Bagikan:

Hidayatullah.com–Ilmu pengetahuan bisa melipatgandakan harga suatu barang dan karena dengan pendidikan harga seseorang menjadi berlipatganda. Artinya orang yang punya ilmu pengetahuan, jaringan sosial dan skill (keahlian) mendapatkan nilai tambah yang lebih tinggi. Demikian salah satu uraian Rektor UIN, Prof. Dr. Komaruddin Hidayat saat berbicara dalam acara Seminar Nasional tentang Guru dan Dosen bertema “21th Century Teachers and Lecturers: Pengembangan sains berbasis Spiritual” di Auditorium Harun Nasution, Senin (29/10/2012),  kemarin.

“Antara HP dengan microphone mahalan mana harganya? Ya mahalan HP karena di dalam HP ada investasi, ada riset yang mendalam,” ujarnya. “Manusia semakin pintar itu biasanya semakin tidak butuh Tuhan. Contohnya, orang dulu tidak punya uang berdoa sekarang doanya sama ATM. Tapi jangan seperti itu, seharusnya orang semakin pintar semakin butuh dan kagum dengan Tuhan,” ungkapnya.

Dalam acara yang digagas Pusat Pengembangan Sains dan Teknologi (Pusbangsitek) dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta bekerjasama dengan Penerbit Mizan ini dihadiri 2000 pengajar.
Dalam ceramahnya, Komaruddin mengambil contoh  masyarakat Jepang yang memiliki etos kerja yang tinggi dan teknologi canggih.

Jepang, ungkap Komaruddin, mampu mengambil sains Barat dengan teknologinya yang canggih tanpa harus kehilangan budaya mereka. Terkait penemuan sains tersebut, menurutnya, Amerika yang menemukan dan Jepang yang memodifikasinya kembali.

Selain itu, dari teknologi canggih tersebut ia mengungkapkan pendapatnya tentang negara Afghanistan dan Iraq yang berperang tanpa teknologi yang canggih.

“Semangat keagamaan tanpa diseimbangi dengan teknologi maka akan kalah, contohnya perang Afghanistan dan Iraq,” ungkapnya.

Pendidikan Elemen Peradaban

Komaruddin juga mengungkapkan bahwa pendidikan merupakan elemen dari sebuah peradaban.

“Kalau berbicara peradaban, apa elemennya? Yaitu pendidikan,” ungkapnya.

Pendidikan, kata Komaruddin, bukan hanya transfer ilmu tapi juga internalisasi ilmu, hanya dengan pendidikan maka bangsa ini akan bangkit.*

Rep: Ibnu Sumari
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Muhammadiyah Canangkan Kawasan Tanpa Rokok Nasional

Muhammadiyah Canangkan Kawasan Tanpa Rokok Nasional

Dewan Da’wah dan Pinbuk Bantu Korban Banjir di Tangse

Dewan Da’wah dan Pinbuk Bantu Korban Banjir di Tangse

UGM  Bentuk Tim Recovery Kasus NII

UGM Bentuk Tim Recovery Kasus NII

MUI Mengutuk Keras Penyerangan Terhadap Hermansyah

MUI Mengutuk Keras Penyerangan Terhadap Hermansyah

Idealnya, Indonesia Mampu Produksi Pangan Tanpa Bergantung Impor

Idealnya, Indonesia Mampu Produksi Pangan Tanpa Bergantung Impor

Baca Juga

Berita Lainnya