Jum'at, 26 Maret 2021 / 12 Sya'ban 1442 H

Nasional

Pemerintah Akan Sidang Itsbat Penentuan Idul Adha, Senin Sore

"Undangan untuk menghadiri Sidang Istbat sudah kami kirimkan," kata Abdul Djamil
Bagikan:

Hidayatullah.com—Hari ini, Senin (15/10/2012)  pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) berencana akan menggelar Sidang Itsbat penentuan Hari Raya Idhul Adha, 10 Dzulhijah 1433H, di Kantor Kemenag Jl.MH Thamrin, Jakarta.

Rencananya Sidang Itsbat akan dipimpin Menteri Agama Suryadharma Ali dihadiri pimpinan ormas Islam dan perwakilan dari negara-negara sahabat.

Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Abdul Djamil yang dihubungi di Jakarta, Minggu, mengatakan, dalam Sidang Istbat ini pihaknya telah mengundang perwakilan organisasi kemasyaratan (Ormas) Islam yang tergabung dalam Badan Hisab Rukyat, termasuk Ormas Islam yang sudah menetapkan 10 Dzulhijjah 1433 H seperti, Muhammadiyah.

“Undangan untuk menghadiri Sidang Istbat sudah kami kirimkan,” kata Abdul Djamil dikutip laman Kemenag.

Abdul Djamil memperkirakan tahun ini dalam penetapan 10 Dzulhijjah 1433 ini tidak ada perbedaan antara yang sudah ditetapkan sejumlah ormas Islam lainnya,  yakni, Wukuf di Arafah jatuh pada hari Kamis (25/10/2012) depan. Dengan demikian, Idul Adha pada 10 Zulhijjah 1433 Hijriyah jatuh pada hari Jumat, 26 Oktober 2012.

Perkiraan itu didasarkan, lanjut Abdul Djamil, karena pada hari Senin tanggal 15 Oktober 2012 posisi “hilal”  (bulan) masih minus empat derajat celcius, Sedangkan kriteria untuk menentukan telah terjadinya pergantian bulan baru ketika posisi “hilal” sudah berada pada dua derajat derajat  di atas ufuk dan umur bulan konjungsi delapan jam.

“Jadi awal Dzulhijjah itu akan jatuh pada hari Selasa tanggal 16 Oktober 2012, karena hari Senin (15/10/2012) posisi “hilal”  masih minus empat derajat,” kata dia.

Ia menjelaskan kriteria  seperti itu bukan hanya diterapkan di Indonesia dalam penetapan masuknya bulan baru, tapi juga diterapkan di negara-negara anggota MABIMS (Malaysia, Brunei Darussalam, Indonesia dan Singapura).

Namun demikian, Abdul Djamil, menghimbau masyarakat untuk tetap menunggu keputusan pemerintah di Sidang Itsbat dalam menentukan Hari Raya Idul Adha, 10 Dzulhijjah 1433 H yang akan digelar pada hari Senin ini.*

Rep: Panji Islam
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

MUI Ajak Ramaikan Internet dengan Konten Dakwah

MUI Ajak Ramaikan Internet dengan Konten Dakwah

KPK Tangkap Ketum PPP Romahurmuziy Trending Topic

KPK Tangkap Ketum PPP Romahurmuziy Trending Topic

Wapres Ma’ruf: Perubahan Jangan Hilangkan Tradisi yang Baik

Wapres Ma’ruf: Perubahan Jangan Hilangkan Tradisi yang Baik

Puluhan Ribu Umat Islam Turun ke Jalan Tuntut Tangkap Ahok

Puluhan Ribu Umat Islam Turun ke Jalan Tuntut Tangkap Ahok

Yayasan Al-Washiyyah Santuni 1000 Keluarga Dhuafa

Yayasan Al-Washiyyah Santuni 1000 Keluarga Dhuafa

Baca Juga

Berita Lainnya