Kamis, 25 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Nasional

Yuk! Ikut Olimpiade Studi Islam dan Matematika

Akan digelar di sejumlah kota besar di Indonesia dengan melibatkan ribuan pelajar SD dan SMP
Bagikan:

Hidayatullah.com—Untuk kesekian kalinya Majalah Gontor bekerjasama dengan Klinik Pendidikan MIPA (KPM) menggelar Olimpiade Studi Islam dan Matematika Fakhruddin ar-Razi Competition (FRC) 2012. Acara yang rutin digelar setiap tahun ini merupakan satu-satunya kompetisi di Indonesia bahkan dunia yang memadukan studi Islam dengan matematika.

Pemimpin Redaksi Majalah Gontor, Adnin Armas, mengatakan pelaksanaan olimpiade ini dilatarbelakangi makin menipisnya pengetahuan agama Islam para siswa. Mereka lebih dominan mengejar pengetahuan umum ketimbang pengetahuan agama.

“Harusnya ada keseimbangan di antara keduanya untuk mendapatkan pendidikan yang integral,” jelas Adnin saat jumpa pers di kantor Majalah Gontor, Jakarta, Jum’at (28/09/2012) siang.

Adnin kemudian mengisahkan pada masa keemasan Islam. Saat itu banyak lahir ilmuwan-ilmuwan Muslim yang tak hanya mumpuni di bidang agama Islam, tetapi juga menguasai ilmu pasti. Mereka antara lain al-Kwarizmi, al-Kindi, al-Karaji, Fakhruddin al-Razi, al-Battani, al-Biruni, dan Umar Khayyam. Merekalah yang mengenalkan angka-angka dan lambang, termasuk angka nol (zero), bilangan phi, algoritma, fungsi sinus, cosinus, tangen, dan lain-lain.

Namun, tambah Adnin, saat ini nama dan jasa besar mereka terkubur oleh nama-nama ilmuwan Barat yang datang belakangan. “Maka, diharapkan dengan olimpiade FRC ini akan lahir ilmuwan-ilmuwan Muslim,” kata Adnin.

FRC rencananya bakal digelar serentak di kota-kota besar di Indonesia pada 13 Oktober 2012 dengan melibatkan ribuan pelajar. Kota-kota itu antara lain Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek),  Banten, Bandung, Tegal, Solo, Magelang, Nganjuk, Bojonegoro, Pasuruan, Malang, Surabaya, Makassar, Madiun, Fak-Fak Papua Barat. Sementara untuk wilayah Jabodetabek dipusatkan di Gedung Olahraga Ciracas, Jakarta Timur.

Peserta FRC adalah pelajar kelas 4 sampai 6 SD dan pelajar SMP. Pelajar yang berminat mengikuti acara ini dapat mendaftarkan diri ke alamat panitia FRC, Jalan Raya Pasar Minggu No.13 Pancoran, Jakarta Selatan, telepon: 021-7995083, 79196389 atau faks 021-79196387. Pendaftaran peserta akan ditutup 3 Oktober 2012.

Bagi para pemenang, panitia FRC menyediakan hadiah jutaan rupiah, medali, dan sertifikat.Bagi para pemenang akan didorong mengikuti olimpiade matematika internasional. Sebelumnya para pemenang akan dilatih di Pesantren Matematika binaan Ir R Ridwan Hasan Saputra, Direktur Klinik Pendidikan MIPA.*

Rep: Ibnu Syafaat
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Fahmi Salim: Tafsir Al-Azhar Buya Hamka Tidak Pakai Metode Hermeneutika

Fahmi Salim: Tafsir Al-Azhar Buya Hamka Tidak Pakai Metode Hermeneutika

Penghujung Ramadhan, Syabab Hidayatullah Serukan Doa untuk Persatuan Umat

Penghujung Ramadhan, Syabab Hidayatullah Serukan Doa untuk Persatuan Umat

API akan Gelar Tabligh Akbar  di Depan Pengadilan

API akan Gelar Tabligh Akbar di Depan Pengadilan

Ijtima Ulama Sumsel Tegaskan Hasil Ijtima Ulama Jakarta

Ijtima Ulama Sumsel Tegaskan Hasil Ijtima Ulama Jakarta

Muhammadiyah Prakarsai Temu Damai se-Dunia

Muhammadiyah Prakarsai Temu Damai se-Dunia

Baca Juga

Berita Lainnya