Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

Masjid Harus Bisa Membuka Diri untuk Fasilitasi Peran Anak Muda

Henda Yusamtha : Masjid harus lebih membuka diri memfasilitasi kreatifitas anak muda
Bagikan:

Hidayatullah.com–Memasuki umurnya yang ke-7 tahun, Jaringan Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (JPRMI) berambisi untuk menjadikan masjid sebagai satu atap penyelesaian (one stop solution) bagi permasalahan anak remaja.
Secara khusus, Ketua JPRMI Cabang DKI Jakarta, Henda Yusamtha menilai seharusnya masjid menjadi pemain di garda terdepan sebagai solusi permasalahan krisis identitas remaja.

Kasus–kasus hedonisme, sekulerisme hingga gaya hidup materialistik di kalangan anak muda juga disebabkan karena peran masjid masih terlalu eksklusif untuk menjadi tempat beraktifitas anak-anak muda.

“Karakter dakwah JPRMI adalah mengajak dan merangkul, bukan memaksa apalagi memvonis, kami berkeinginan menjadikan masjid sebagai one stop solution for the ummah,” jelasnya kepada hidayatullah.com, Jum’at (28/09/2012).

Menurutnya, masjid jangan hanya dijadikan tempat-tempat ritual ibadah sholat semata. Pada era modern ini masjid harus bisa berperan sebagai fasilitator bagi kreatifitas anak muda. Mulai dari aktifitas keorganisasian, pelatihan enterpreuner, penyaluran minat dan hobi hingga konsolidasi gerakan kepemudaan. Hal ini menurut Henda, sangat penting untuk membangun daya tarik masjid agar juga dimiliki anak-anak muda. Di mana dari situ masjid bisa menjadi tempat pelarian dari kegalauan pergaulan remaja.

“Setelah mereka nyaman dan terinternalisasi dengan masjid, barulah kita siapkan perangkat pola pembinaan di remaja masjid secara komprehensif dan terpadu,” tambahnya lagi.

Menurutnya, hancurnya tatanan masyarakat di kalangan anak muda juga disebabkan karena peran masjid tidak berhasil menyentuh kepada permasalahan anak muda. Masjid yang identik dengan orang lanjut usia dan eksklusif sudah waktunya dirubah. Masjid harus bisa membuka diri untuk memfasilitasi peran anak muda dengan memaksimalkan institusi remaja di tempatnya masing-masing. Dari sini selain anak remaja bisa dibina untuk lebih mencintai masjid juga menjadi aset kaderisasi penting bagi masjid itu sendiri.

Rep: Thufail Al Ghifari
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

RZ Salurkan Beasiswa Juara Bagi 2.434 Siswa

RZ Salurkan Beasiswa Juara Bagi 2.434 Siswa

Renovasi Masjid Istiqlal Telan Biaya 50 Miliar

Renovasi Masjid Istiqlal Telan Biaya 50 Miliar

Penguasaan Komoditi dan Penguasaan Ekonomi…

Penguasaan Komoditi dan Penguasaan Ekonomi…

Waka BIN Jadi Wakil Ketua Umum PBNU

Waka BIN Jadi Wakil Ketua Umum PBNU

Dirawat di Luar Cirebon, Buya Yahya Imbau Jamaahnya Fokus Berdakwah

Dirawat di Luar Cirebon, Buya Yahya Imbau Jamaahnya Fokus Berdakwah

Baca Juga

Berita Lainnya