Sabtu, 4 Desember 2021 / 28 Rabiul Akhir 1443 H

Nasional

Ketua Umum PBNU Usul Warga NU Tidak Wajib Bayar Pajak

"Jika pajak masih dikorupsi, warga NU tak wajib bayar pajak"/foto: nu.or.id
Bagikan:

Hidayatullah.com– Ketua Umum PBNU Dr Said Aqil Siroj mengatakan bahwa persoalan pajak memang menjadi salah satu isu utama pada agenda Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama dan Konferensi Besar (Konbes) Nahdlatul Ulama (NU) di Pesantren Kempek, Palimanan Cirebon.

Mendampingi Komisi Bahtsul Masa’il Waqi’iyyah, Ahad (16/09/2012), Said mengusulkan, jika korupsi masih merebak di Indonesia, dan pajak masih saja dikemplang oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab, maka warga Nahdliyin tidak wajib membayar pajak.

“Jika di negeri ini pajak masih dikorupsi, warga Nahdliyin tidak wajib hukumnya dalam membayar pajak,” tegas Said Aqil dikutip laman resmi NU, nu.id. Menurut Aqil, hal ini, lanjutnya, merupakan bentuk respon terhadap persoalan negara.

Bicara di hadapan – dan peserta sidang, Said Aqil mengungkapkan bahwa persoalan-persoalan negara dan rakyat sangat penting sebagai perhatian warga Nahdliyin, terutama dalam forum Munas.

“Ini sudah sangat baik, lebih baik dari ormas-ormas yang lain. Kita ini kan semuanya , jadi beda dengan ormas lain yang nya hanya satu atau dua orang yang paham agama,” terangnya.

Persoalan pajak, lanjut Said, merupakan kepedulian organisasi NU dalam merespon isu-isu strategis yang terkait dengan kebijakan atau negara. “Sudah itu, yang penting forum Munas ini dapat fokus pada isu-isu strategis negara. Keputusan tentang pajak sangat penting, untuk kebaikan bermasa, antara negara dan warganya,” tegasnya lagi.

Sebelumnya, dalam Munas itu, utusan Syuriah PWNU DKI Jakarta KH Syaifuddin Amsir mengusulkan agar diberlakukan hukuman mati bagi koruptor.

Menurutnya, hukuman mati berlaku bagi mereka yang mengulangi kasus korupsinya, meskipun dengan nilai nominal yang kecil. Kiai Amsir mengemukakan pendapat tersebut dalam sidang Bahtsul Masa’il Diniyah Waqi‘iyah, Ahad siang.*

Rep: Panji Islam
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Aksi Bela Uighur di Depan Kedubes China Jumat ini

Aksi Bela Uighur di Depan Kedubes China Jumat ini

Setahun Kematian Siyono, Dahnil Simanjuntak Kritisi Densus 88

Setahun Kematian Siyono, Dahnil Simanjuntak Kritisi Densus 88

fahira idris

Senator Minta Pendatang Baru Bantu Pemprov Jakarta

DA’INA: KPK Jangan Ragu “Berjihad” Lawan Korupsi

DA’INA: KPK Jangan Ragu “Berjihad” Lawan Korupsi

Dandim 0611 Garut: Pelaku Pembakaran Bendera Tauhid Sudah Diamankan

Dandim 0611 Garut: Pelaku Pembakaran Bendera Tauhid Sudah Diamankan

Baca Juga

Berita Lainnya