Kamis, 25 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Nasional

STIE Hidayatullah Wisuda dan Lepas Sarjana Dai

Bagikan:

Hidayatullah.com — Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Hidayatullah menggelar sidang terbuka prosesi wisuda sarjana mahasiwa angkatan ke-VI di kampus tersebut di Gedung Aula STIE Hidayatullah di Komplek Pondok Pesantren Hidayatullah, Kota Depok, Jawa Barat, Sabtu (15/09/2012).

Acara prosesi wisuda ini dirangkai dengan  acara seremoni penugasan dai sarjana berjumlah 39 wisudawan.

Sidang terbuka diisi orasi ilmiah disampaikan oleh Prof. Dr. Suryanto, SE, MM. Profesor Suryanto dalam penyampaiannya berpesan kepada wisudawan untuk senantiasa menjaga tradisi keilmuan yang selama ini telah terbangun dengan baik.

Di awal penyampaiannya profesor Suryanto sempat menitikkan air mata haru menyaksikan wajah wisudawan yang telah didiiknya. Sontak ruangan pun henyak, sejumlah hadirin, termasuk undangan yang hadir, ikut terharu.

“Saya sangat terharu, para wisudawan ini adalah anak didik yang telah saya didik dengan sungguh-sungguh. Saya juga bangga karena Anda (wisudawan, red) mampu menyelesaikan tugas dengan baik dan sekarang Anda bisa duduk di sini,” kata profesor Suryanto terharu.

Dosen Luar Biasa STIE Hidayatullah yang juga Guru Besar Universitas Borobudur (Unibor) Jakarta ini di hadadapan ratusan hadirin menjelaskan bahwa sarjana lulusan STIE Hidayatullah memang berbeda dengan sarjana pada umumnya. Karena, lanjur dia, kehadiran STIE Hidayatullah memang untuk mencetak sarjana dai kader dakwah dalam rangka mengemban tugas kenabian yakni menyebarkan rahmat dan manfaat untuk seluruh alam.

“Dai adalah pelaku pasar. Maka sudah seharusnya seorang dai sarjana adalah orang yang pertama terjun ke pasar untuk membangun kemandirian dan mencerahkan umat,” katanya.

“Dan, saya tidak rela kalian melakukan hal-hal tercela di pasar. Saya tidak mau ilmu yang saya berikan digunakan untuk hal-hal yang tercela,” lanjutnya berpesan.      

Ia menambahkan saat ini Indonesia kekurangan intelektual yang berkarakter untuk secara serius mau mengentaskan persoalan bangsa. Sehingga ia berharap kehadiran para sarjana ini terus mengemban tugas kenabian.

“Anda telah ditunggu oleh masyarakat. Kehadiran saudara akan selalu dinanti karena tugas Anda adalah melakukan pencerahan sehingga akan selalu dibutuhkan,” pungkasnya.

Ketua STIE Hidayatullah Dr. Abdul Mannan, di kesempatan yang sama mengatakan lembaga perguruan tinggi yang dipimpinnya akan membuka program pendidikan lanjutan untuk tingkat pascasarjana (magister) bidang pendidikan, keuangan, dan sumber daya manusia.

“Program S2 ini harus dibuka karena merupakan desakan internal dan sebuah keniscayaan untuk peningkatan kualitas sumber daya insani,” ujarnya.

Ia mengimbau alumni dan civitas akademika yang ingin melanjutkan pendidikan pada bidang-bidang tersebut agar dapat memanfaatkan peluang tersebut.*

Rep: Ainuddin Chalik
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Abubakar Ba’asyir Dipindah Mendadak, Waspadalah!

Abubakar Ba’asyir Dipindah Mendadak, Waspadalah!

Isu Banjir Warga Wasior Berlarian ke Masjid

Isu Banjir Warga Wasior Berlarian ke Masjid

Larangan LGBT, Ketua DPR: RKUHP Kita Selesaikan Cepat

Larangan LGBT, Ketua DPR: RKUHP Kita Selesaikan Cepat

Rahmat 20 Juz Meski Buta, Hudzaifah Hindari Musik dan Wanita

Rahmat 20 Juz Meski Buta, Hudzaifah Hindari Musik dan Wanita

Penggerebekan Pesta Homoseks, GIB: Polisi Bertugas Menegakkan Hukum

Penggerebekan Pesta Homoseks, GIB: Polisi Bertugas Menegakkan Hukum

Baca Juga

Berita Lainnya