Rabu, 24 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Nasional

DPR Desak Kemendikbud Buat Roadmap Peningkatan Kualitas Mutu Pendidikan

Bagikan:

Hidayatullah.com–Dalam rapat kerja (raker) Komisi X DPR RI dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), anggota DPR mengungkapkan beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pemerintah dalam memajukan pendidikan.

Kemendikbud diminta membuat roadmap yang jelas tentang peningkatan mutu pendidikan di Indonesia, diantaranya peningkatan kualitas tenaga pendidik. Karena selama ini Ia menganggap pemerintah belum optimal di dalam implementasinya.

“Kemendikbud harus melakukan pembinaan reguler yang intensif kepada pendidik dengan mengoptimalkan pemanfaatan e-pembelajaran dan juga jardiknas,” jelas Anggota komisi X dari Fraksi PKS, Ahmad Zainuddin.

Zainuddin mengatakan bahwa pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) dan Uji Kompetensi Akademik (UKA) yang dilaksanakan oleh Kemendikbud harus dilakukan secara profesional guna menunjang program sertifikasi guru. Hasil UKG dan UKA selama ini ditenggarai belum menunjukkan pengaruh yang berarti bagi sertifikasi guru.

Lebih lanjut ia juga meminta agar ada pengklasifikasian antara guru yang memiliki nilai kelulusan tinggi dan sesuai bidang yang diampuh dengan guru yang nilai kelulusannya rendah dalam UKG dan UKA. Sehingga ada insentif sertifikasi berbeda yang diterima oleh guru berdasarkan pengalaman mengajar dan hasil uji kompetensinya.

Hal lain yang menjadi sorotan adalah mengenai arah kurikulum pendidikan nasional yang harus  sinkron dengan lapangan kerja. Pasalnya saat ini output pendidikan kita lebih banyak orientasi sebagai pencari kerja, padahal seharusnya berorientasi pada kewirausahan dan enterprenuship.

“Dengan alokasi dana pendidikan yang lebih dari 300 triliun, seharusnya ada pengaruh yang signifikan terhadap perbaikan kurikulum kearah yang tepat sasaran dan tepat guna dalam menghadapi persaingan global,” ujar Zainuddin.

Belum optimalnya pendidikan karakter yang ditandai dengan masih merebaknya budaya anarkis maupun tindak kecurangan di dunia pendidikan kita, legislator PKS dapil DKI 1 Jakarta ini mengatakan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhinya.

“Faktor penyebabnya adalah karena masih terpisahnya antara pelajaran agama dengan pelajaran umum, padahal seharusnya pelajaran agama harus menjadi ruh dalam pendidikan, karena sesungguhnya pendidikan agamalah yang sanggup membentuk watak dan kepribadian seseorang,” pungkasnya.*

Rep: Panji Islam
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Nashirul Haq Ajak Pemuda Islam Songsong Indonesia Emas 2045

Nashirul Haq Ajak Pemuda Islam Songsong Indonesia Emas 2045

Ini Tips-tips Penting Berdakwah di Ibukota [1]

Ini Tips-tips Penting Berdakwah di Ibukota [1]

HTI Galang Tanda Tangan dukung Syariat Islam

HTI Galang Tanda Tangan dukung Syariat Islam

Fachrul Razi duga Dipilih Jadi Menag karena Ceramah “Menangkal Radikalisme”

Fachrul Razi duga Dipilih Jadi Menag karena Ceramah “Menangkal Radikalisme”

Peringatan Isra’ Mi’raj Tetap Semarak di Mentawai

Peringatan Isra’ Mi’raj Tetap Semarak di Mentawai

Baca Juga

Berita Lainnya