Selasa, 7 Desember 2021 / 2 Jumadil Awwal 1443 H

Nasional

Permasalahan Intoleransi Tertinggi di Indonesia Bukan Karena Agama

Catur Sapto Edy : Peringkat Pertama Masalah Intoleransi Adalah Masalah Perkebunan dan Pertambangan
Bagikan:

Hidayatullah.com– Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) di Dewan Perwakilan Rakyat, Catur Sapto Edy mengatakan, permasalahan intoleransi paling tinggi di Indonesia bukan karena konflik agama. Kasus konflik intoleransi di Indonesia justru peringkat pertama terjadi karena masalah Perkebunan dan pertambangan.

“Sedangkan konflik intoleransi karena isu agama berada di peringkat kelima di Indonesia,” jelas Catur dalam diskusi mengenai solusi konflik intoleransi di kantor PP Muhammadiyah, Kamis (06/09/2012) lalu.

Catur juga menyalahkan sikap pemerintah yang kurang memahami kultur masyarakatnya. Cara pandang masyarakat terhadap negaranya dan cara pandang negara terhadap rakyatnya inilah masalah dasar. Karena itu, menurutnya keadilan juga harus ditegakkan dengan kasih sayang.

Negara yang hanya tahu menyelesaikan konflik atas dasar kriminal hanya menjadikan rakyat subjek tertuduh. Harus ada sentuhan empati dari pemerintah yang akhirnya bisa mendudukan semua pihak dalam kebhinekaan. Dari situ Pemerintah bisa bermain sebagai pemersatu berdasarkan kasih sayang bukan otoriter semata.

“Kurangnya kasih sayang antara penguasa terhadap rakyatnya ini juga pemicu intoleransi,” jelasnya.

Setelah hal tersebut, Catur juga menilai gelombang hegemoni materialisme di masyarakat juga salah satu pemicu konflik Intoleransi. Masyarakat yang telah terjangkit materialisme cenderung mendorong agama yang penuh pembenaran bukan kebenaran.

Materialisme yang menjadi dasar lahirnya liberalisme akhirnya membuat orang mendefinisikan agama dengan versi kebenarannya masing-masing. Alhasil dari sinilah gesekan itu bisa terjadi karena satu dan lainnya merasa paling benar dengan pembenarannya tanpa memahami kebenaran hakikinya.*

Rep: Ibnu Sumari
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Doa hari ini

Kemenag, Hari ini Gelar Doa Bersama di Museum Kebangkitan Nasional

Polisi Tetapkan Tersangka Pengunggah Foto Jokowi “The New Fir’aun”

Polisi Tetapkan Tersangka Pengunggah Foto Jokowi “The New Fir’aun”

Pengungsi Rohingya di Aceh, Pemerintah Pusat Diharapkan Ambil Tindakan

Pengungsi Rohingya di Aceh, Pemerintah Pusat Diharapkan Ambil Tindakan

Rektor UIA: Sambut Muharram 1437 H dengan Jihad Menuju Khairul Ummah

Rektor UIA: Sambut Muharram 1437 H dengan Jihad Menuju Khairul Ummah

BNPB: Pemerintah Tidak Melegalkan Penjarahan

BNPB: Pemerintah Tidak Melegalkan Penjarahan

Baca Juga

Berita Lainnya