Rabu, 8 Desember 2021 / 3 Jumadil Awwal 1443 H

Nasional

Jalaluddin Rahmat Klaim Syiah Indonesia 2,5 Juta, Tapi Taqiyah

Syiah Indonesia dalam sebuah peringatan
Bagikan:

Hidayatullah.com—Ketua Dewan Syuro Ikatan Ahlul Bait Indonesia (IJABI), Jalaluddin Rahmat mengklaim saat ini jumlah kaum Syiah di Indonesia telah mencapai 2,5 juta orang. Namun umumnya mereka mempraktekkan taqiyah. Taqiyah mempraktikkan kondisi di luar seseorang dengan apa yang ada di dalam batinnya tidak sama.

“Dari data penelitian yang sudah ada itu populasi Syiah berkisar 500.000 saja seluruh Indonesia, itu perkiraan terendah, perkiraan tertinggi Syiah itu sekitar 5 juta-an, kalau saya ambil perkiraan yang menengah sekitar 2,5 juta”, ungkapnya saat acara Miladnya yang ke 63 di sekretariat IJABI, Rabu (29/08/2012) Kantor  Pusat IJABI, Jalan Kemang, Jakarta Selatan.

Lucunya, saat di Tanya wartawan, dari mana jumlah itu, Jalal menjawab datanya itu hanya perkiraan dan itupun data dari kepolisian.

“Kalian cari sendiri lah,” ujarnya.

Menariknya Jalal juga mengungkapkan,  bahwa sebagian orang-orang Syiah di Indonesia tidak tampak sebagai orang Syiah karena mereka mempraktekkan taqiyah. Taqiyah itu supaya untuk menyembunyikan identitas demi memelihara persatuan dan banyak dari mereka (orang Syiah) yang menjadi ustadz di masjid-masjid,  ujarnya. Yang tau tentang Syiah itu hanya orang Syiah sendiri. Mereka bahkan juga ada di legislative.

“Di legislatif juga ada orang Syiah tapi saya tidak akan menyebutkan siapa-siapanya,” terang Pria asal Bandung ini.

Ia juga mengatakan, mayoritas Syiah di Indonesia adalah Syiah Itsna Asyariyyah. “Kalau di Bali ada Syiah Ismailiyah,” tambahnya.

Sebelum ini, dalam sebuah wawancara Dengan Habib Achmad Zein Alkaf dari di Yayasan Albayyinat Indonesia, sebuah lembaga yang intensif mengkaji Syiah di Indonesia, Syiah Itsna Asyariyah atau Imamiyah adalah Syiahdengan pusat ideologi politik di dikendalikan Iran.* [Baca juga: “Gerakan Syiah Indonesia Diremote dari Iran”].

Sementara itu, penulis Majalah Islam Internasional Al Bayan, Haedar Bazargan menyebut, Itsna Asyariyah kelompok Syiah paling radikal yang saat ini ikut bermain di konflik Suriah. [Baca: Nushairiyah: Ideologi Di Balik Krisis Suriah].*

Rep: Ibnu Sumari
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Bakomubin Aceh: Usut Tuntas Intimidasi Terhadap UAS

Bakomubin Aceh: Usut Tuntas Intimidasi Terhadap UAS

Mafia Anak Ancam Korban Aceh

Mafia Anak Ancam Korban Aceh

Setoran Awal Ibadah Haji Naik Jadi Rp 25 Juta

Setoran Awal Ibadah Haji Naik Jadi Rp 25 Juta

Persaudaraan Muslimah Gelar Muktamar V

Persaudaraan Muslimah Gelar Muktamar V

Staf Khusus Presiden: MUI Benteng Keberagamaan, Benteng Menjaga NKRI

Staf Khusus Presiden: MUI Benteng Keberagamaan, Benteng Menjaga NKRI

Baca Juga

Berita Lainnya