Kamis, 25 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Nasional

ITMI Punya Gedung Sekretariat Baru

Gedung akan digunakan sebagai pusat pelatihan baca tulis Al Quran Braille
Bagikan:

Hidayatullah.com–Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia (ITMI) boleh berbahagia,pasalnya setelah menunggu hampir dari 13 tahun akhirnya mereka mempunyai sekretariat sendiri. Hari Senin (06/08/2012) lalu, bangunan tiga lantai yang berlokasi di Komplek Cijerah II Kota Cimahi itu diresmikan penggunaanya oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat,Tati Iriani,MM mewakili Gubernur Jabar,Ahmad Heryawan.

Dalam sambutannya, Tati Iriani mengatakan bahwa dengan berdirinya bangunan tersebut juga sebagai wujud kepedulian dan perhatian pemerintah terhadap kaum tunanetra yang tunanetra muslim.Namun demikian pihaknya berharap pembungan gedung tersebut boleh dibilang simbolik saja.Karena sejatinya yang perlu di bangun dan didorong adalah kaum tunanetra khusus tunanetra muslim mempunyai ketrampilan dan kemandirian.

“Kita berharap bangunan megah ini bukan sekedar difungsikan sebagai sekretariat saja namun kedepan harus menjadi pusat pelatihan berbagai ketrampilan bagi tunanetra muslim agar mempunyai kemampuan seperti yang lainnya,” harapnya.

Untuk itu pihak pemerintah melalui Dinas Sosial dan instansi terkait lainnya akan mengusahakan memberi fasilitas pendukung   dan kelancaran kaum tunanetra Muslim dalam memperoleh ketrampilan.Sehingga kaum nunanetra tidak selamanya identik dengan jasa tukang pijat saja.Namun harus mempunyai kemampuan yang lebih luas lagi.

Sementara itu Ketua Umum DPP ITMI,Yayat Rukhiyat,S.Pd dalam sambutan selain mengucapakan terima kasih kepada semua pihak baik pemerintah juga masyarakat muslim atas partisipasinya, juga berharap tidak berhenti sampai disini saja.Namun turut aktif membantu kepada kaum tunanetra muslim dalam meningkatkan ketrampilan dalam segala bidang.

Yayat menambahkan gedung tersebut selain akan digunakan sebagai sekretasriat DPP ITMI juga akan menjadi pusat informasi dan silaturrahim kaum tunanetra muslim se-Indonesia serta pusat latihan untuk pemberdayaan kaum tunanetra.

Dalam laporannya Yayat menyebutkan gedung tiga lantai yang menempati lahan seluas 100 m2 tersebut telah menghabiskan dana sekira Rp.341 juta. Sebagian besar dana tersebut yakni Rp.200 juta berasal dari bantuan Gubernur Jabar dan sisanya bantuan atau partisipasi masyarakat.

Rencananya gedung tersebut juga akan digunakan sebagai pusat pendidikan pelatihan yakni pelatihab baca tulis Al Quran Braille,pelatihan komputer bicara,pelatihan manajemen hingga pelatihan jurnalistik bagi kaum tunanetra Muslim.

Selain itu juga akan dijadikan sebagai sekretariat pengkajian keilmuan dan perpustakan modern dengan koleksi buku-buku yang lengkap.Sehingga kaum tunanetra muslim tidak ketinggalan informasi dan dapat belajar dengan berbagai kemudahan yang tersedia.

Diakhir sambutan Yayat mengatakan bahwa pihaknya (ITMI) masih ada kewajiban kepada pihak kontraktor dalam masalah pembiayaan.

“Terus terang bapak ibu sekalian kami (ITMI) masih mempunyai kewajiban (utang) kepada pihak pemborong sebesar Rp.112 juta lagi.Untuk itu mohon partisipasinya dari semua pihak,”pinta.

Bagi yang ingin berpartisipasi dapat menghubungi DPP ITMI Jl.Sukaasih RT.01 RW.31 Komplek Cijerah II Cimahi Jabar.Atau menghubungi panitia Saifudin, 022-70040042 atau Hasanudin Hp.081321131072.*

Rep: Ngadiman Djojonegoro
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Menteri Pariwisata Luncurkan Positioning Banda Aceh Sebagai Pusat Wisata Islami Dunia

Menteri Pariwisata Luncurkan Positioning Banda Aceh Sebagai Pusat Wisata Islami Dunia

Penasihat Hukum Buni Yani: Saksi Ahli yang Dihadirkan JPU Tak Kompeten

Penasihat Hukum Buni Yani: Saksi Ahli yang Dihadirkan JPU Tak Kompeten

KPI Pantau Tayangan Ramadhan

KPI Pantau Tayangan Ramadhan

30.000-an Warga Aceh Sambut Ustadz Abdul Somad

30.000-an Warga Aceh Sambut Ustadz Abdul Somad

Indonesia-Malaysia-Thailand Sepakat Bantu Pengungsi Rohingya

Indonesia-Malaysia-Thailand Sepakat Bantu Pengungsi Rohingya

Baca Juga

Berita Lainnya