Senin, 20 September 2021 / 12 Safar 1443 H

Nasional

PBNU Canangkan Bangun Kios Umat di Seluruh Cabang

Bagikan:

Hidayatullah.com–Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menargetkan pendirian minimarket atau kios umat secara menyeluruh di berbagai daerah di Tanah Air mulai awal 2013.

Direksi PT Umat Power Bambang Priyadi Soemardjo mengatakan, nantinya di setiap Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) akan didirikan minimal 20 kios umat dengan desain dan tata ruang yang seragam, seperti halnya minimarket modern yang lebih dahulu berkembang.

“Hanya saja, kelasnya masih berada di bawah dari sejumlah minimarket modern yang lebih dahulu berkembang,” katanya, Ahad (5/8/2012).

Saat ini semua komponen sudah disiapkan, termasuk kerja sama dengan sejumlah perusahaan yang nantinya akan menjadi pemasok sejumlah produk yang akan dipasarkan di masing-masing kios umat tersebut.

Kios umat tersebut akan dikelola secara profesional seperti layaknya minimarket modern yang sudah ada dan memiliki badan hukum karena bertujuan memberikan kontribusi positif dalam pemberdayaan umat dan kemajuan bangsa.

Untuk sementara, kios umat baru berdiri di Jakarta sebagai percontohan, sedangkan daerah lainnya seperti Bekasi, Cirebon hingga Majalengka akan dimulai pada awal 2013.

Kios Umat tersebut akan menjual berbagai macam produk dengan jumlah sekitar 600 jenis produk yang dibutuhkan masyarakat.

Masing-masing kios akan ada perbedaan jenis produk yang akan dijual karena disesuaikan dengan tingkat kebutuhan masyarakat setempat.

Sedangkan yang mengelola akan dikoordinasi secara berjenjang, mulai dari PBNU, PWNU, PCNU, hingga Pengurus Majelis Wakil Cabang NU.

Bagi warga NU yang sudah memiliki toko juga bisa bergabung dengan kios umat dan akan mendapatkan pelatihan pengelolaan secara profesional.

Pendirian kios umat akan diprioritaskan untuk wilayah pedesaan yang diperkirakan belum terjangkau oleh toko modern karena jaraknya yang terlalu jauh dengan perkotaan.

Hingga kini, kata dia, sebagaimana dilansir Antara, antusiasme pengurus NU di daerah cukup tinggi menyambut rencana pendirian kios umat tersebut.*

Rep: Insan Kamil
Editor: Syaiful Irwan

Bagikan:

Berita Terkait

MUI: Shalat Jumat dengan Tetap Mematuhi Protokol Kesehatan

MUI: Shalat Jumat dengan Tetap Mematuhi Protokol Kesehatan

MMI Adukan Panitia KUII V Ke Polda Metro Jaya

MMI Adukan Panitia KUII V Ke Polda Metro Jaya

10 Kriteria Aliran Sesat Menurut MUI

10 Kriteria Aliran Sesat Menurut MUI

Wamenag: Kita Harus Berantas Buta Huruf Al Quran

Wamenag: Kita Harus Berantas Buta Huruf Al Quran

IHW: RUU Cilaka Berpotensi Hilangkan Peran Ulama pada Sertifikasi Halal

IHW: RUU Cilaka Berpotensi Hilangkan Peran Ulama pada Sertifikasi Halal

Baca Juga

Berita Lainnya