Jum'at, 26 Maret 2021 / 12 Sya'ban 1442 H

Nasional

Hadirin Tak Kuasa dan Menangis Lihat Muslim Rohingya

Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT) adakan doa untuk Muslim Rohingya
Bagikan:

Hidayatullah.com–Sejumlah hadirin  tak kuasa menahan ‎tangis, karena sangat sedih melihat kondisi saudaranya ‎diperlakukan secara tak manusiasi di Myanmar. Peristiwa ini terjadi setelah panitia acara menampilkan tiga video dokumenter terkait kondisi nyata yang ‎terjadi terhadap etnis Muslim Myanmar.

Peristiwa ini terjadi ketika  Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT) mengadakan doa bersama ‎untuk Muslim Rohingya  hari Senin, (30/07/2012) kemarin. Acara ini dirangkai buka bersama dan dengan pembagian paket Ramadhan kepada 80 ‎keluarga miskin yang ada di desa Beurawe dan sekitarnya.

Acara dilanjutkan dengan tausiah menggugah yang disampaikan oleh Tgk. H. Ahmad ‎Rizal, Lc. Dalam tausiyahnya, beliau mebgutip sebuah hadits yang bunyinya mengatakan.

“Rasulullah Shallalu ‘alaihi Wassalam. bersabda, Barangsiapa yang tidak ‎peduli terhadap kondisi umat Islam, maka ia tidak termasuk dari golongan ummat Muhammad.’ ‎Maka, telah menjadi kewajian setiap kita untuk menolong saudara kita yang menderita ‎di Rohingya, dengan segala sarana dan cara.” ‎

Setelah itu semua peserta melakukan doa bersama untuk Muslim Rohingya. Usai doa ‎bersama, IKAT Aceh membagikan paket Ramadhan dari hasil sumbangan keluarga besar IKAT dan para dermawan untuk puluhan keluarga masyarakat ‎pra sejahtera, dan dilanjutkan dengan buka bersama.

”Untuk aksi selanjutnya, IKAT Aceh insyaAllah akan kembali menggelar doa bersama ‎untuk Muslim Rohingnya dan penyerahan paket Ramadhan tahap ke dua di Masjid Babul Najah, Desa Neusu Aceh, Kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh pada tanggal 7 Agustus mendatang. Selanjutnya IKAT juga akan melakukan aksi penggalangan dana, dan menyeru kepada Majelis ‎Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh maupun Mejelis Ulama Indonesia (MUI) untuk ‎mengeluarkan fatwa agar sebagian harta zakat rakyat Indonesia bisa disumbangkan ‎untuk Muslim Rohingya, serta menyeru segenap masyarakat untuk menyumbang dana ‎dan berbagai kebutuhan yang dibutuhkan muslim Rohingya,”ujar Ketua IKAT Aceh, M.Fadhil Rahmi.

Berkaitan dengan kegiatan doa bersama dan penggalangan dana untuk Muslim Myanmar, M. ‎Fadhil Rahmi yang didampingi didampingi Munawar Liza Zain, Dewan Penasehat IKAT Aceh menghimbau agar pemerintah lebih cepat merespon kejadian di wilayah Asean ini.

“Kegiatan ini digelar sebagai bentuk solidaritas dan ‎keprihatinan kita sebagai sesama muslim. Dengan doa ini kita juga ingin ‎menggunggah segenap lapisan masyarakat terutama para pemangku kebijakan baik ‎tingkat lokal maupun nasional untuk bergerak terhadap problematika umat Islam di ‎Myanmar.”

“Indonesia sebagai negara yang menjunjung tinggi HAM juga ketua ASEAN ‎harus proaktif memberi teguran keras kepada Myanmar dan mendesak negara itu ‎menghormati HAM. Doa adalah silahul mukmin (senjata orang mukmin). Bertepatan ‎dengan bulan Ramadhan, mari kita bersama-sama senantiasa melantunkan doa kepada ‎saudara-saudara kita muslim Myanmar, semoga mereka diberi ketabahan dan kekuatan ‎menghadapi segala cobaan, ” ujarnya.*/disfo ikat

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Kongres Umat Islam ke-7 Hasilkan Deklarasi Bangka Belitung

Kongres Umat Islam ke-7 Hasilkan Deklarasi Bangka Belitung

Indonesia Harus Mengacu Konstitusi Terkait Palestina

Indonesia Harus Mengacu Konstitusi Terkait Palestina

“Hati-hati Gay Politics!”

“Hati-hati Gay Politics!”

Anggota Komisi III: Hukum Islam Harus Mewarnai Hukum Nasional

Anggota Komisi III: Hukum Islam Harus Mewarnai Hukum Nasional

Ketua IKADI Jatim: Meski Banyak Difitnah, Islam Takkan Musnah

Ketua IKADI Jatim: Meski Banyak Difitnah, Islam Takkan Musnah

Baca Juga

Berita Lainnya