Kamis, 25 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Nasional

Pimpin Dewan Masjid, JK Teratas di Bursa Capres PPP

SMRC menempatkan JK sebagai capres peringkat ketiga dalam tingkat elektabilitas
Bagikan:

Hidayatullah.com–Partai Persatuan Pembangunan (PPP) terus menimbang nama-nama yang sudah mengemuka sebagai kandidat calon presiden. Di antara nama-nama yang beredar, Jusuf Kalla adalah tokoh di luar PPP yang paling dijagokan oleh internal partai berlambang Ka’bah itu.

Ketua DPP PPP, Arwani Thomafi mengatakan, pihaknya terus melakukan pendalaman terhadap nama-nama capres yang muncul saat Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) I PPP di Kediri, Februari 2012 lalu. “Jusuf Kalla adalah tokoh eksternal yang paling banyak mendapat dukungan dari internal PPP dalam Mukernas I. Tentunya kami akan terus memonitor kinerja serta sepak terjang JK serta tren elektabilitas oleh berbagai lembaga riset politik,” kata Arwani dikutip JPNN, Ahad (22/o7/2012).

Arwani pun membeber hasil penelitian Saiful Mujani and Research Consulting (SMRC) yang menempatkan JK sebagai capres di peringkat ketiga dalam hal tingkat keterpilihan (elektabilitas). Dengan elktabilitas 9,6 persen, JK berada di bawah Megawati Soekarnoputri (17,6 persen) dan Prabowo Subianto (16,7 persen).

“Elektabilitas JK yang cenderung baik ini tentu akan menjadi dinamika menarik pada Mukernas II tahun depan. Bagaimanapun, PPP menginginkan capres yang diusung kelak akan memenangi Pilpres. Faktor elektabilitas menjadi salah satu syarat penting untuk berkompetisi dlm Pemilu Presiden,” ulasnya.

Arwani menambahkan bahwa bagi warga PPP, JK memiliki nilai lebih dengan posisinya sebagai Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI).

“Secara psikologi politik, posisi Pak JK di DMI semakin mendekatkan dengan PPP. Ini artinya JK memang memiliki jejak rekam kedekatan yang cukup baik dengan umat Islam di bandingkan nama-nama capres yang belakangan telah muncul,” sambungnya.

Meski demikian Arwani juga menyebut sejumlah nama yang masuk radar PPP. Di antaranya adalah Mahfud MD, Khofifah Indar Parawansa, Anies Baswedan dan sejumlah nama lainnya. Hanya saja, sambung Ketua DPP PPP bidang informasi dan komunikasi itu, Ketum PPP Suryadharma Ali masih tetap memimpin sebagai satu-satunya yang diusulkan oleh internal PPP.

Nantinya, nama-nama yang mengemuka akan dimatangkan dalam Mukernas II tahun 2013 mendatang.

“Saat ini DPP PPP telah membentuk Lembaga Pemenangan Pemilu Presiden yang dikomandani Pak Lukman Hakim Saefudin,” pungkasnya.*

Rep: Panji Islam
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

DPU Daarut Tauhid Yogyakarta Luncurkan Quick Report Kurban

DPU Daarut Tauhid Yogyakarta Luncurkan Quick Report Kurban

Edy-Musa Menang di Pilkada Sumut, Saksi Djarot-Sihar Protes

Edy-Musa Menang di Pilkada Sumut, Saksi Djarot-Sihar Protes

JITU Tekankan Integritas Jurnalis Muslim

JITU Tekankan Integritas Jurnalis Muslim

KH. Sanusi Anwar: Tak Ada Kalimat Habib Rizieq yang Rendahkan Budaya Jawa Barat

KH. Sanusi Anwar: Tak Ada Kalimat Habib Rizieq yang Rendahkan Budaya Jawa Barat

Segera Dideklarasikan Organisasi Ahlulbait Indonesia

Segera Dideklarasikan Organisasi Ahlulbait Indonesia

Baca Juga

Berita Lainnya