Kamis, 25 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Nasional

Amien Rais: Jangan Kultuskan Pancasila

Lagu Kebangsaan, menurut Amien merupakan simbol kebanggaan sebuah negara
Bagikan:

Hidayatullah.com–Mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Amien Rais mewanti-wanti agar bangsa Indonesia tidak mengkultuskan Pancasila dan menjadikannya sebagai agama bayangan atau agama semu.

“Pancasila jangan dikultuskan. Pancasila jangan di sembah-sembah. Pancasila jangan menggusur agama,” kata Amien Rais saat menjadi pembicara di “Seminar Nasional Empat Pilar Berbangsa” yang dilaksanakan Fraksi PAN MPR di Jakarta, Selasa (10/07/2012) dikuti Antara.

Menurut Amien pada jaman Orde Baru, melalui penataran P4, Pancasila seakan-akan menjadi agama bayangan. Padahal, tambahnya, Pancasila adalah buatan manusia bukan wahyu Illahi.

“Dulu, menurut saya penataran P4 itu sangat berlebihan. Penataran P4 itu, menjadikan Pancasila jadi agama semu,” kata Amien.

Saat ini, Amien menegaskan, yang terpenting adalah seluruh rakyat Indonesia harus memahami Pancasila karena Pancasila merupakan ideologi negara, falsafah negara.

Pilar Kebangsaan

Sementara itu, Amien mengaku sangat gembira ketika MPR saat ini melakukan sosialisasi tentang Empat Pilar Kebangsaan yakni Pancasila, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika dan UUD 45.

“Tapi jangan lupakan empat pilar lainnya, yakni; lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Bendera Sang Saka Merah Putih, Sumpah Pemuda 1928 yakni Bahasa Indonesia dan terakhir TNI-Polri,” tutur Amien Rais.

Lagu Kebangsaan, menurut Amien merupakan simbol kebanggaan sebuah negara. Begitu pula soal Bendera Merah Putih yang merupakan simbol negara.

Menurut dia, Indonesia bisa menjadi bangsa ini karena ada bahasa persatuan yakni Bahasa Indonesia yang dihasilkan oleh Sumpah Pemuda.

“Pilar kedelapan yang tak kalah pentingnya ya TNI-Polri ini. Pilar kedelapan ini merupakan pilar ketahanan berbangsa dan bernegara,” ujar Amien.*

Rep: Akbar Muzakki
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Nyaris tak Ada Foto Ahok di Pulau Tidung DKI

Nyaris tak Ada Foto Ahok di Pulau Tidung DKI

Habib Rizieq:  Penahanan terhadap Diri Saya adalah Kezaliman

Habib Rizieq: Penahanan terhadap Diri Saya adalah Kezaliman

Kemenag Anugerahkan API “Penebar Kasih” untuk Dai Hidayatullah

Kemenag Anugerahkan API “Penebar Kasih” untuk Dai Hidayatullah

Kebijakan Pemerintah, Saham Asing Bisa 100% di 95 Bidang Usaha

Kebijakan Pemerintah, Saham Asing Bisa 100% di 95 Bidang Usaha

Gubernur Jabar: Pesantren Diizinkan Beroperasi di Zona Biru dan Hijau

Gubernur Jabar: Pesantren Diizinkan Beroperasi di Zona Biru dan Hijau

Baca Juga

Berita Lainnya