Kamis, 25 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Nasional

Nasyiatul Aisyiyah Siapkan Gerakan Advokasi

Bagikan:

Hidayatullah.com—Bersamaan dengan Muktamar ke XII Nasyiatul Aisyiyah, menandai usia organisasi itu yang mencapai ke-83. Dalam Mukmatar yang mengangkat “Penguatan Peran  Kader Nasyiatul  Aisyiyah  dalam Aksi Advokasi Menuju Terwujudnya Kualitas Hidup Perempuan dan Anak” lalu,  organisasi anak kandung Muhammadiyah ini  ingin menunjukkan pada masyarakat akan kesungguhannya dalam mempersiapkan para kadernya untuk melakukan aksi advokasi.

Pernyataan itu disampaikan Ketua Umum Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah Abidah Muflihati dalam sambutannya pada pembukaan Muktamar Nasyiatul Aisyiyah ke XII di gedung GSG Unila, Bandar Lampung.

Menurut Abidah, tema tersebut diangkat karena kondisi kualitas perempuan dan anak Indonesia belum cukup memuaskan berdasarkan data-data yang diungkap oleh laporan Human Development Indeks (HDI) UNDP.

“Pada tahun 2011, misalnya angka kematian Ibu melahirkan adalah 240 per 100.000 kelahiran hidup. Padahal Pemerintah menargetkan angka kematian Ibutahun 2014 adalah 110 per  100.000 kelahiran hidup. Sedangkan indeks angka kematian bayi dibawah usia 5 tahun adalah sebanyak 39 per 1000 kelahiran hidup,” jelasnya
 

 Oleh Karena itulah, menurut Dosen UIN Yogyakarta ini, sebagai wujud amal shaleh dan ibadah muamalah Nasyiatul Aisyiyah, maka NA harus turut berperan serta dalam melakukan perubahan lingkungan sosial dan kebajikan atau advokasi terhadap masalah-masalah yang terdapat di Masyarakat.

“Langkah  pertama yang harus dilakukan adalah menguatkan dan membekali para penggerak Nasyiatul Aisyiyah dengan wawasan dan ketrampilan analisis sosial, analisis gender, pemetaan dakwah, strategi-strategi pemberdayaan dan advokasi,” jelasnya.

Dengan wawasan dan ketrampilan tersebut, kader Nasyiatul Aisyiyah ungkap Abidah, dapat peran sebagai muballighat motivator, fasilitator, pemberdaya masyarakat, bahkan advokat.*

Rep: Panji Islam
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Kemenag Buka Kembali Program Aliyah Kejuruan

Kemenag Buka Kembali Program Aliyah Kejuruan

MTQ Internasional I Siap Berlangsung di Pontianak

MTQ Internasional I Siap Berlangsung di Pontianak

Masjid Mau Roboh, Butuh Uluran Tangan

Masjid Mau Roboh, Butuh Uluran Tangan

Elly Risman: Indonesia Hampir jadi Negara Tanpa Ayah

Elly Risman: Indonesia Hampir jadi Negara Tanpa Ayah

Pemimpin Dipilih Bukan Karena Popularitasnya

Pemimpin Dipilih Bukan Karena Popularitasnya

Baca Juga

Berita Lainnya