Kamis, 25 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Nasional

Rokan Hulu Terapkan Program PNS Hafal Al Quran

Bagikan:

Hidayatullah.com–Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu secara resmi menerapkan Program Rokan Hulu Menghafal Al Quran yang dicanangkan oleh Bupati Rokan Hulu Drs H Achmad MSi, di Masjid Agung Islamic Centre Pasirpengaraian.

Untuk tahap awal, penerapan Program Rokan Hulu Menghafal Al Quran ini diimplementasikan terhadap pejabat eselon II, III, IV, dan pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Rohul.

Kebijakan tersebut, diberitakan Riau Pos, Rabu (4/7/2012), sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah dalam mengaktualisasi nilai-nilai keagamaan di daerahnya.

Setelah sukses menjalankan program keagamaan, seperti Salat Zuhur dan Ashar berjamaah, Magrib Mengaji, Salat Subuh berjamaah setiap Jumat, wirid pengajian dan iktikaf serta membaca Al Quran sebelum memulai pekerjaan bagi seluruh PNS muslim.

Bupati Rohul Drs H Achmad berharap, dengan dilaksanakannya Program Rokan Hulu Menghafal Al Quran, para aparatur dapat menularkan semangat menghafal Alquraan ini di tengah masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya.

Program ini salah satu langkah pemerintah daerah untuk mencetak hafiz dan hafizah Al Quran serta menyukseskan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Riau tahun 2013 mendatang yang dilaksanakan di Rokan Hulu.

Bupati menyebutkan, rencananya setelah dijalankan oleh aparatur pemerintah, program Rokan Hulu menghafal Al Quran yang mendapat dukungan oleh ulama, tokoh masyarakat dan tokoh agama di Rokan Hulu, rencananya akan diimplementasikan secara luas  kepada masyarakat pada 17 Ramadan 1433 H mendatang, bertepatan dengan peringatan Nuzul Quraan.

Dalam penerapan program Rokan Hulu menghafal Al Quran, Bupati Rohul melakukan evaluasi hafalan baca Al Quran, bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) mulai golongan II, III, IV hingga staf, minimal sehari 1 ayat yang tahap pertama diterapkan bagi seluruh PNS di jajaran Pemkab Rohul.

Untuk pejabat eselon II, dilakukan evaluasi hafalan Al Quran oleh Bupati Rohul Drs H Achmad MSi, sedangka  pejabat Eselon III dilakukan oleh Wakil Bupati Rohul Ir H Hafith Syukri MM, sedangkan untuk eselon IV dan staf dievaluasi oleh Sekda Rohul Ir Damri.

‘’Program Rokan Hulu Menghafal Al Quran, nantinya dievaluasi setiap hari Senin usai melaksanakan salat Zuhur berjamaah di Masjid Agung Islamic Centre Pasirpengaraian,’’ tuturnya.

Achmad yang juga Ketua Badan Wakaf Al Quran Provinsi Riau, mengakui rata-rata PNS yang tampil menghafal Al Quran dengan waktu 30 menit membacakan surat Al-Baqarah, sudah hafal 10 ayat Al Quran, bahkan ada yang hafal 12 ayat.

Bupati juga memberikan trik guna mempermudah dalam menghafal Al Quran.

“Saya bangga, program ini sudah dijalankan  dengan baik oleh PNS untuk menghafal Al Quran. Diharapkan program ini akan menjadi amalan yang baik bagi seluruh PNS, paling tidak ke depannya secara bertahap mereka nantinya juga bisa fasih dan hafal bacaan ayat Al Quran. Ini merupakan bentuk komitmen kita, dalam melakukan pembinaan agama bagi PNS serta membiasakan dan menghafal dan membaca Al Quran setiap harinya,’’ tuturnya.

Dia mengajak seluruh PNS agar bisa menjalankan kebijakan yang sudah disampaikan. Dirinya secara langsung bersama Wabup dan Sekda setiap bulannya akan terus melakukan evaluasi, sehingga diharapkan seluruh PNS hafal Al Quran.*

Keterangan foto: Bupati Rokan Hulu Drs H Achmad MSi dalam kegiatan memberikan taushiah di masjid-masjid.

Rep: Insan Kamil
Editor: Syaiful Irwan

Bagikan:

Berita Terkait

Tuntut Keadilan, Petani Bawang Brebes Polisikan Guntur Romli

Tuntut Keadilan, Petani Bawang Brebes Polisikan Guntur Romli

Draf UU Ciptaker Berubah-ubah, Faisal Basri: Apa Artinya Sidang Paripurna Pengesahan?

Draf UU Ciptaker Berubah-ubah, Faisal Basri: Apa Artinya Sidang Paripurna Pengesahan?

Muhammadiyah Tampung Pengungsi Petani Teluk Jambe di Tanah Abang

Muhammadiyah Tampung Pengungsi Petani Teluk Jambe di Tanah Abang

Muzakarah Nasional Selesaikan Konflik Aceh

Muzakarah Nasional Selesaikan Konflik Aceh

Kemenkes Perlu Bersepakat dengan MUI soal Kemampuan Berhaji

Kemenkes Perlu Bersepakat dengan MUI soal Kemampuan Berhaji

Baca Juga

Berita Lainnya