Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

Menag Bantu Gereja dan Masjid di Ambon Sebesar Rp 1,4 M

foto: kemenag
Bagikan:

Hidayatullah.com–Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia melalui Menteri Agama Suryadharma Ali, hari Jumat (15/6/2012) menyerahkan bantuan senilai lebih dari Rp 1,4 miliar untuk pembangunan sejumlah rumah ibadah di Maluku.  Pernyataan ini disampaikan Menag hari Jumat.

“Ada beberapa rumah ibadah yang belum selesai pembangunannya, sehingga perlu dibantu, dan dikembangkan,” ujar Menteri Agama Suryadharma Ali saat memberi sambutan pada acara syukuran atas suksesnya penyelenggaraan MTQ Nasional ke XXIV di Ambon, Maluku, dikutip laman Kemenag.

Pemberian bantuan dana untuk penyelesaian pembangunan rumah ibadah diberikan langsung oleh Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali dan diterima langsung oleh para pimpinan masjid dan gereja kota Ambon.

Menag didampingi Sekjen Kemenag Bahrul Hayat, Dirjen Bimas Islam Abdul Djamil dan Dirjen Pendis Nur Syam, Wakil Gubernur Maluku Assegaf serta pejabat Kemenag,dan pejabat Maluku. Acara berlangsung di rumah makan Seafood Patui, Ambon, Provinsi Maluku.

Selain menyerahkan bantuan dana, Menag juga memberi apresiasi sebesar-besarnya kepada Pemerintah Maluku yang berhasil dan sukses menyelenggarakan pelaksanaan MTQ Nasional ke 24 di kota Ambon.

“Begitu juga Presiden RI Bapak SBY memberikan apresiasi untuk keberhasilan pelaksanaan MTQ yang aman dan terciptanya kebersamaan dan kerukunan antar umat beragama,” ujar Menag

Dikatakan Menag, bantuan yang tidak besar jumlahnya itu, kalau memang dikelola dengan baik, maka akan menjadi manfaat yang besar bagi pertumbuhan dan berkembangnya ajaran agama di Ambon. “Mudah-mudahan manfaatnya bisa dirasakan oleh semua masyarakat,” ujarnya.

Masjid yang mendapat bantuan antara lain; Masjid Agung An-Nur Batu Merah, Masjid Nurul Ikhlas Galunggung, Desa Batu Merah, Masjid Nurul Ikhlas Desa Larike, Kecamatan Lihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah, Masjid Al-Falaq Desa Rumahtiga, Kecamatan Teluk Dalam, Kota Ambon.

Dan gereja yang mendapat bantuan; Gereja Protestan Maluku (GPM) Desa Nania, Kota Ambon, Gereja GPM Hative Besar, Kota Ambon, Gereja Perjanjian Baru, Kantor Sinode GPM Maluku, Gereja Santa Theresia Piru, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Gereja Santo Yosep, Desa Paso, Kota Ambon, Gereja Santo Paulus, Bomaki, serta Pura di Kecamatan Waiyapo, Kabupaten Buru.

Bantuan sebesar Rp 100 juta untuk setiap rumah ibadah diserahkan langsung kepada pengurus masjid, gereja dan pura di Pasar Higienis Tantui, Ambon usai acara ramah tama dan makan patitah bersama Panitia MTQ dengan seluruh kafilah. Hadir dalam acara ini Wakil Gubernur Maluku, Said Assagaf.

Sebelumnya, Kementrian Sosial juga memberi bantuan dana social yang diserahkan kepada Bupati atau Walikota se Maluku.*

Rep: Panji Islam
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Indonesia Ditempatkan sebagai Negara Terdermawan Kedua di Dunia

Indonesia Ditempatkan sebagai Negara Terdermawan Kedua di Dunia

Habib Munzir Pimpinan Majelis Rasulullah Berpulang

Habib Munzir Pimpinan Majelis Rasulullah Berpulang

Anggota DPR Duga Keterkaitan Munculnya Simbol Palu-Arit dengan Niat Pemerintah Maafkan PKI

Anggota DPR Duga Keterkaitan Munculnya Simbol Palu-Arit dengan Niat Pemerintah Maafkan PKI

Rusia Usir Atase Militer Israel

Rusia Usir Atase Militer Israel

Waspada! Ada Kelompok Pembuat Rusuh Pasca Pilpres

Waspada! Ada Kelompok Pembuat Rusuh Pasca Pilpres

Baca Juga

Berita Lainnya