Jum'at, 12 Februari 2021 / 29 Jumadil Akhir 1442 H

Nasional

Dekatkan Pelajar ke Masjid Melalui Komunitas Belajar

Bagikan:

Hidayatullah.com–Sebuah ide cemerlang untuk mendekatkan pelajar ke masjid dicetuskan oleh Forum Silaturrahim Remaja Masjid Muthmainnah (FSRMM) Kompleks Polda Riau. Melalui program terbarunya, FSRMM menghimpun para lulusan SLTP yang akan memasuki jenjang pendidikan SLTA dalam wadah Komunitas Belajar Remaja Islam (KBRI).

KBRI digagas untuk membimbing pelajar memahami mata pelajaran di sekolah secara intensif. Materi pembelajaran terdiri dari Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Bahasa Inggris dan Ekonomi.

KBRI dimulai Jumat (08/06/2012) di Masjid Muthmainnah Polda Riau Jalan Kartini Pekanbaru. Sementara ini sedikitnya 40 pelajar ikut serta dalam kelompok belajar tersebut. KBRI yang diasuh oleh para mahasiswa dan siswa berprestasi ini terbuka bagi seluruh pelajar dan gratis.

”Komunitas ini bertujuan agar adik-adik calon pelajar SMA dapat mengenal pelajaran SMA lebih awal dan sekaligus mendekatkan mereka ke Masjid,” ujar salah seorang pengasuh FSRMM Reza Lutfi kepada hidayatullah.com.

Sementara itu kakak asuh FSRMM Muhammad Hidayat mengemukakan secara umum kegiatan pembinaan para remaja di FSRMM terdiri dari empat bidang;

Pertama, pembinaan keimanan dan mental  seperti kegiatan ibadah, kajian aqidah, fiqih, tafsir Al-Qur’an, qiyamul lail, diskusi intensif keislaman.

Kedua, pembinaan akademik/keilmuan melalui kegiatan kelompok belajar dalam berbagai bidang keilmuan.

”Selama ini yang telah berjalan adalah study club Fisika, Biologi, pelatihan IT/komputer dan lainnya,” tambah Hidayat.

Ketiga, pembinaan kepemimpinan dan manajemen: melalui kegiatan pelatihan-pelatihan kepemimpinan dan manajemen Islam (leadership and management), seperti: pelatihan speaking public speaking, kewirausahaan. Keempat, pembinaan fisik/kesamaptaan: melalui kegiatan olahraga syar’iyyah (riyadhoh), outbond training, lintas alam.

Untuk menjalin silaturrahim di dunia maya, FSRMM memiliki situs www.fsrmm.com dan halaman di facebook http://www.facebook.com/fsrmm.pekanbaru. serta jadwal siaran di beberapa radio di Pekanbaru.*/Idris

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

MHTI: Partisipasi Perempuan di Dunia Kerja adalah Eksploitasi

MHTI: Partisipasi Perempuan di Dunia Kerja adalah Eksploitasi

Masalah Bank Muamalat Bukan Likuiditas

Masalah Bank Muamalat Bukan Likuiditas

Pakar Hukum Kritik Sistem Lapas

Pakar Hukum Kritik Sistem Lapas

Penjelasan UAS: Ceramah Saya Khusus Muslim untuk Menjaga Aqidah

Penjelasan UAS: Ceramah Saya Khusus Muslim untuk Menjaga Aqidah

Intelektual muda NU Ishomuddin Hadzik Meninggal Dunia

Intelektual muda NU Ishomuddin Hadzik Meninggal Dunia

Baca Juga

Berita Lainnya