Kamis, 25 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Nasional

Anggota DPR: PNS Tak Produktif dan Moral Hazard Pecat Saja!

Data Menteri PAN jumlah anggaran perjalanan dinas PNS di tahun ini sebesar Rp 18 triliun
Bagikan:

Hidayatullah.com–Keberanian menteri keuangan Agus Martowaddojo mengungkap keboncoran biaya perjalanan dinas mencapai 30-40 persen perlu di apresiasi. Akan tetapi ungkapan tersebut tidak akan ada artinya kalau tidak diiringi dengan tindakan nyata dari kementerian dan lembaga terhadap Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang melakukan penyimpangan biaya perjalanan dinas.

“Kalau ada PNS yang ada di kementerian dan lembaga yang seperti demikian atau melakukan “moral hazard” terhadap biaya perjalanan dinas yang diberikan negara untuk melakukan tugas kenegaraan di pecat saja secara tidak hormat, karena para PNS itu sudah diberikan amanah oleh rakyat dan negara, serta gaji yang mereka peroleh selama ini adalah dari penerimaan pajak yang dibayar oleh rakyat ke negara,” kata Dr Muhammad Firdaus, MA anggota komisi XI DPR RI.

Kalaulah mereka melakukan penyimpangan terhadap biaya tersebut harus di tindak tegas, kata Firdaus.

Berdasarkan data dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi jumlah anggaran perjalanan dinas PNS di tahun ini sebesar Rp 18 triliun.

Jumlah yang cukup besar bagi PNS dalam melakukan perjalanan dinas. Seharusnya anggaran tersebut dapat di manfaatkan oleh PNS dalam melakukan pekerjaan-pekerjaan yang banyak manfaatnya buat bangsa dan negara ini, agar bangasa ini tidak terus terpuruk kepada jurang kehancuran bukan sebaliknya malah menyalah gunakan anggaran tersebut apalagi sampai bocor 30-40 persen guna memperkaya diri sendiri, ungkap politisi Partai Keadilan Sejahtera ini.

Firdaus meminta  pemerintah harus membuat aturan yang tegas dan pengawasan yang super ketat terhadap penggunaan anggaran perjalanan dinas PNS agar bisa lebih efektif dan efisien dalam pengunaannya.

Siapapun yang menggunakan uang rakyat harus mepertanggung jawabkannya secara baik dan benar. Tidak boleh ada cara-cara untuk memperkaya diri sendiri apalagi sebagai tambahan untuk tunjangan hari raya (THR), karena itu sudah ada pos tersendiri. Bahkan setiap tahunnya semua PNS mendapatkan gaji ke 13 dari penghasilan mereka meskipun mereka tidak bekerja. Kalau masih ada PNS yang berfikir untuk mencari keuntungan pribadi ini adalah perlakukan yang tidak baik, mengingat semua PNS di gaji dan dihidupi oleh pajak yang dibayarkan rakyat kepada negara.*

Rep: Panji Islam
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Sutiyoso: ‘Klab Malam dan Diskotek Harus Tutup Selama Ramadhan’

Sutiyoso: ‘Klab Malam dan Diskotek Harus Tutup Selama Ramadhan’

Pemimpin Aliran “Nyeleneh” di Mojokerto Sudah Diamankan Polisi

Pemimpin Aliran “Nyeleneh” di Mojokerto Sudah Diamankan Polisi

KH. Hasyim Muzadi: “Trisula” yang Hancurkan Islam

KH. Hasyim Muzadi: “Trisula” yang Hancurkan Islam

Tiga Bulan Diluncurkan, FMP Jaring 420 Wakif

Tiga Bulan Diluncurkan, FMP Jaring 420 Wakif

Penjelasan MUI Pusat soal Pengadangan Tengku Zulkarnain di Bandara Sintang

Penjelasan MUI Pusat soal Pengadangan Tengku Zulkarnain di Bandara Sintang

Baca Juga

Berita Lainnya