Jum'at, 28 Januari 2022 / 24 Jumadil Akhir 1443 H

Nasional

Para Pimpinan Ormas Islam Lakukan Silaturahim di Riau

Bagikan:

Hidayatullah.com–Selama tiga hari para pimpinan organisasi dakwah, kemasyarakatan, dan tokoh agama Islam se-Riau berkumpul di Islamic Center Siak Sri Indrapura.

Acara bertajuk Silaturahim dan Workshop Pimpinan Organisasi Masyarakat dan Tokoh Islam itu ditaja atas kerja sama Forum Tokoh Riau dan Pemkab Siak.

Pembicara pada pertemuan tersebut Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Hidayatullah Dr Abdul Mannan, Wakil Ketua Umum DPP Wahdah Islamiyah M Ikhwan Jalil Lc, dan Ketua Bidang Kerja Sama Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara Dr Syofyan Saha. Acara ini dibuka oleh Bupati Siak di Masjid Islamic Centre Siak, dilansir Riau Pos, Selasa (29/05/2012).

Ia berharap, pertemuan pimpinan ormas dan tokoh Islam tersebut dapat meningkatkan ukhuwah islamiyah serta memberi solusi bagi berbagai persoalan umat. Kegiatan diisi pula dengan taushiyah oleh pembina Tafaqquh Study Club Dr Musthafa Umar.

Dalam kegiatan tersebut Tafaqquh bertindak sebagai panitia program yang menyiapkan materi acara serta pengaturan kegiatan. Sementara Pemkab Siak merupakan pelaksana teknis.

Dr Musthafa Umar dalam penjelasannya mengemukakan silaturahmi dan workshop di Siak ini, yang berakhir Minggu (27/05/2012) merupakan agenda kedua, setelah sebelumnya kegiatan sama dilaksanakan di Pasirpengaraian Rokan Hulu.

Di Rokan Hulu peserta workshop terdiri dari pimpinan pesantren, sementara di Siak peserta terdiri dari pimpinan ormas, organisasi dakwah, dan tokoh Islam. Kegiatan direncanakan dilaksanakan setiap tiga bulan dengan kategori peserta berbeda.

Ia mengemukakan, ide kegiatan ini berawal dari pertemuan bulanan para tokoh Riau di Pekanbaru. Pertemuan bulanan tersebut diikuti para tokoh masyarakat yang terdiri dari ulama, budayawan, pengusaha, birokrat, intelektual, wartawan, aktivis dakwah kampus dan lainnya. Mereka adalah tokoh yang memiliki kegelisahan yang sama untuk memperbaiki umat dan masyarakat Riau. Pertemuan perdana diskusi bulanan tersebut dimulai sejak Juni 2011.

Salah satu rekomendasi pertemuan rutin itu menyatukan visi dan misi dalam perbaikan umat. Dari situlah lahir gagasan mengadakan silaturahim dan workshop berkala yang melibatkan para pihak yang menjadi ujung tombak perbaikan umat.

Terkait dengan acara di Siak, Ustad Musthafa menjelaskan, sasaran kegiatan adalah silaturahim, sehingga terjadi kesepahaman dalam merajut kebersamaan antarorganisasi Islam dan para ulamanya dalam dakwah serta perbaikan umat.

Kegiatan di Siak ini diikuti sekitar 70 peserta yang merupakan utusan dari ormas dan organisasi dakwah.*

Keterangan foto: Masjid Agung An Nur, Riau

Rep: Insan Kamil
Editor: Syaiful Irwan

Bagikan:

Berita Terkait

MUI Diminta Bentuk Majelis Syuro Beranggotakan Pimpinan  Ormas Islam

MUI Diminta Bentuk Majelis Syuro Beranggotakan Pimpinan Ormas Islam

10 Tahun Jadi Presiden Indonesia, SBY: Saya Tidak Pernah Tuduh Oposisi Dalangi Demo

10 Tahun Jadi Presiden Indonesia, SBY: Saya Tidak Pernah Tuduh Oposisi Dalangi Demo

Menag: Ada Beberapa Persoalan dalam Penerapan Rencana Sertifikasi Khatib

Menag: Ada Beberapa Persoalan dalam Penerapan Rencana Sertifikasi Khatib

ppkm darurat

Presiden Jokowi Resmi Umumkan PPKM Darurat Mulai Berlaku 03-20 Juli Mendatang

Eks MenkumHAM: Penegakan Hukum Mundur di Zaman Jokowi

Eks MenkumHAM: Penegakan Hukum Mundur di Zaman Jokowi

Baca Juga

Berita Lainnya