Polda Metro Tidak Beri Izin Konser Lady Gaga

Keputusan itu diambil pihak Polda Metro Jaya berdasarkan masukan dari berbagai pihak.

Polda Metro Tidak Beri Izin Konser Lady Gaga

Terkait

Hidayatullah.com–Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya (Polda Metro Jaya) tidak merekomendasikan perizinan konser penyanyi asal Amerika Serikat (AS), Lady Gaga, karena mempertimbangkan soal dampak sosial dan budaya di Indonesia. Demikian lapor Antara.

Keputusan itu diambil pihak Polda Metro Jaya berdasarkan masukan dari berbagai pihak.

“Yang pertama adanya masukan dari berbagai pihak bahwa atraksi Lady Gaga tidak pantas ditonton orang banyak,” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Rikwanto, di Jakarta, Selasa (15/05/2012).

Ia mengatakan, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengharamkan pertunjukan Lady Gaga, karena mengumbar sensualitas, sehingga berdampak terhadap moral bangsa.
“Busana yang dikenakan terlalu seksi mengumbar aurat dan gerakan erotis,” ujar Rikwanto.
Menurut Rikwanto, Polda Metro Jaya telah mengirimkan surat ke Mabes Polri, yang isinya tidak memberi rekomendasi izin konser Lady Gaga.

Di samping itu, pihak kepolisian telah memberi tahu panitia penyelenggara tentang alasan tidak diberikannya izin konser pelantun lagu “Poker Face” itu. Polisi mengatakan kepada panitia bahwa penampilan Lady Gaga menunjukkan hal yang tidak sesuai dengan budaya ketimuran.

“Kita sudah sampaikan kepada pihak penyelenggara, dan bisa memakluminya,” ujar Rikwanto.

Awalnya Lady Gaga dijadwalkan manggung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, pada 3 Juni 2012. Pertunjukan di Indonesia itu merupakan bagian dari tur dunianya.
Sejumlah fraksi di DPR juga menyarankan pihak polisi tidak menerbitkan izin konser Lady Gaga, karena tidak sesuai norma agama dan budaya di tanah air, serta bertentangan dengan undang-undang antipornografi.

Belum lama ini, Lady Gaga juga mendapatkan protes dan kecaman dari masyarakat di Korea Selatan dan Malaysia.

Lady Gaga, yang selalu berpenampilan seronok dan berpakaian aneh. Para perancang busana dunia merasa bangsa jika rancangan mereka digunakan oleh penyanyi bernama asli Stefani Joanne Angelina Germanotta itu.

Wanita kelahiran 1986 tersebut terang-terangan membela kaum pecinta sesama jenis. Dalam lagunya berjudul “Born This Way”, Gaga bernyanyi, “No matter gay, straight or bi, lesbian, transgendered life, I’m on the right track, baby.” Tahun lalu, Gaga mendesak para penggemarnya di Malaysia untuk melawan stasiun-stasiun radio yang menyensor lagu homoseksualnya itu.

“Kalian harus melakukan apapun yang kalian bisa, jika ingin dibebaskan oleh masyarakat kalian,” katanya ketika itu, sebagaimana dikutip The Hollywood Reporter (24/03/2011)*

Keterangan foto: Aktivis Korea Selatan memasang spanduk anti Lady Gaga.[cbslocal]

Rep: Ama Farah

Editor: Dija

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik:

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !