Selasa, 23 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

Kemenag Terkejut, Sewa Pemondokan Haji Naik

Bagikan:

Hidayatullah.com–Harga sewa pemondokan haji 2012 di Arab Saudi mengalami kenaikan cukup tinggi, berkisar 30-100 persen dari harga tahun lalu. Kenaikan ini cukup mengejutkan Kementerian Agama (Kemenag).

Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali (SDA) menjelaskan, kenaikan harga sewa pemondokan itu sangat mengganggu kepentingan jamaah haji. Apalagi kenaikan itu terjadi pada semua daerah yang biasa digunakan sebagai lokasi pemondokan.

”Kenaikan paling tinggi mencapai 100 persen dari harga sewa tahun lalu, terjadi pada kota Mekah. Pemondokan di sekitar itu tidak ada lagi yang murah,” ujarnya dalam keterangan resminya di Jakarta, sebagaimana diberitakan JPNN, Senin (14/05/2012).

Menag mengetahui kenaikan itu setelah bersama sejumlah pejabat Kemenag melakukan kunjugan ke Arab Saudi. Agenda kegiatan itu difokuskan pada persiapan haji 2012. Dalam kunjungan tersebut, menemukan berbagai persoalan penting, terutama pada pemondokan yang kenaikan harganya tidak terkontrol. Pemerintah setempat sepertinya membiarkan kenaikan terjadi tanpa aturan.

”Inilah yang kami protes ke Pemerintah Arab Saudi. Seharusnya kenaikan pemondokan itu memiliki regulasi. Tidak semua pengelola pemondokan bisa menaikan tanpa aturan,” ujar Suryadharma didampingi Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemenag Zubaidi, Sekretaris Ditjen Penyelenggara Haji dan Umrah Cepi Supriatna, dan Direktur Pelayanan Haji Sri Ilham Lubis.

Menurutnya, kenaikan harga sewa pemondokan itulah yang bisa memberatkan para jamaah. Terlebih letak pemondokan tersebut terbilang cukup jauh. Karena pemerintah setempat membongkar ribuan bangunan yang biasa dijadikan lokasi pemondokan.

Meski demikian, tegas Suryadharma, Indonesai tetap memiliki target lokasi terjauh bagi pemondokan haji tak boleh lebih dari 2.500 meter. Itu berarti semua pemondokan harus berada pada radius kurang dari 2.500 meter.

”Pemerintah telah berusaha mencari. Sekarang sudah terpenuhi sekitar 68,22 persen dari kebutuhan pemondokan,” paparnya.

Dia memastikan, dari taksiran 68,22 persen itu setara dengan 226 rumah yang bakal dijadikan pemondokan. SDA memastikan kenaikan harga sewa tersebut bakal secara langsung mempengaruhi biaya keberangkatan haji. Karena memang beban sewa pemondokan tersebut merupakan indikator penting dalam biaya haji.

”Makanya dalam pertemuan dengan Pemerintah Arab Saudi, kami meminta ada regulasi yang jelas terhadap kenaikan sewa pemondokan. Tidak boleh terus dibiarkan begini. Apalagi Indonesia merupakan negara dengan jumlah jamaah terbanyak,” katanya.

Ditanya soal besaran kenaikan biaya haji, Menag mengaku belum dapat membuat putusan. Besaran kenaikan pemondokan itu bakal dihitung kembali. Sekaligus memberikan informasinya kepada DPR. ”Kan kenaikan itu ditetapkan oleh legislatif pula. Jadi nanti kita bahas bareng DPR,” ujarnya.*

Keterangan foto: Ruangan salah satu pondokan di Mekah.

Rep: Insan Kamil
Editor: Syaiful Irwan

Bagikan:

Berita Terkait

Warga Marah Tentara NATO Kembali Bakar Al-Quran

Warga Marah Tentara NATO Kembali Bakar Al-Quran

YLA duga Audisi Djarum Beasiswa Bulutangkis Eksploitasi Anak

YLA duga Audisi Djarum Beasiswa Bulutangkis Eksploitasi Anak

FUIB Laporkan Ge Pamungkas ke Bareskrim

FUIB Laporkan Ge Pamungkas ke Bareskrim

10 Mahasiswa Palestina Dapat Beasiswa di UIA

10 Mahasiswa Palestina Dapat Beasiswa di UIA

Muktamar Ikatan Ulama dan Duat Asia II Akan Diselenggarakan Di Malaysia

Muktamar Ikatan Ulama dan Duat Asia II Akan Diselenggarakan Di Malaysia

Baca Juga

Berita Lainnya