Rabu, 1 Desember 2021 / 25 Rabiul Akhir 1443 H

Nasional

Ulama Jatim Hadiri Forum Majelis Al-Buhuts Al- Islamiyah

Bagikan:

Hidayatullah.com–Sekitar 1.800 tokoh Islam Jawa Timur menghadiri forum Majelis Al-Buhuts Al- Islamiyah (MBI) yang digelar Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) Jatim di Asrama Haji Surabaya, Ahad (18/03/2012).

Pengurus DPD HTI Jatim, Khoiri Sulaiman, mengatakan, salah satu kegiatan MBI kali ini membahas rencana kenaikan bahan bakar minyak (BBM) oleh pemerintah yang berlaku mulai 1 April 2012.

“Rencana kebijakan pemerintah menaikkan harga BBM adalah khianat dan dzalim,” katanya, saat menjadi pembicara di acara MBI.

Oleh karena itu, lanjut dia, HTI Jatim bersama para ulama dan kiai se-Jawa Timur menyerukan penolakan bersama rencana pemerintah dalam menaikkan harga BBM.

Dalam uraiannya, Khoiri Sulaiman memaparkan analisa-analisa terkait rencana kebijakan pemerintah dalam menaikkan BBM, yang pertama mematahkan argumen pemerintah bahwa subsidi BBM memberatkan dan menjadi beban Anggaran Penerimaan Belanja Negara (APBN).

Padahal, ia menilai, bila ditinjau dari perbandingan jumlah penerimaan migas sebesar Rp84 triliun dan subsidi BBM Rp70 triliun, maka sebenarnya pemerintah masih surplus Rp14 Triliun.

“Justru pengeluaran yang boros adalah pengeluaran anggaran belanja pegawai,” katanya.

Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) HTI, Muhammad Ihksan Abdul Jalil, menyampaikan paparan sikap terhadap kebijakan terkait rencana pemerintah menaikkan harga BBM.

“Kebohongan pemerintah dalam menaikkan BBM adalah tindakan haram. Begitu juga dengan tindakan pemerintah menyerahkan pengelolaan sumber energi kepada swasta dan asing (privatisasi) adalah haram,” ujarnya.

Sementara Pengurus Pondok Pesantren Darunajjah Banyuwangi K.H. Asyrofi, dengan tegas menyatakan menolak menaikkan harga BBM.

“Kami mengajak para ulama mencerahkan umat terkait perkara ini,” katanya.

Hal sama juga disampaikan Gus Mujib dari Ponpes Ad-Dakwah Lumajang, K.H. Abah Qoyum (alumnus Ponpes Ats-Tsanaewiyah Roudlotul Ulum II, Gondanglegi, Malang).*

Rep: Insan Kamil
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Wasekjen PKS: Jangan Lupakan Sejarah Kelam 1965

Wasekjen PKS: Jangan Lupakan Sejarah Kelam 1965

Sukseskan Miss World dan APEC,  Kopassus akan Sterilkan Bali

Sukseskan Miss World dan APEC, Kopassus akan Sterilkan Bali

FPI Kembali Demo Tolak Ahok Jadi Gubernur DKI

FPI Kembali Demo Tolak Ahok Jadi Gubernur DKI

konferensi zakat internasional

Gelar Konferensi Zakat Internasional ke-5, Ketua Baznas Sebut Penelitian Transformasi Digital di OPZ Masih Terbatas

Keluarga Minta Setop Fitnah Ustadz Abu Terlibat Teror Bom

Keluarga Minta Setop Fitnah Ustadz Abu Terlibat Teror Bom

Baca Juga

Berita Lainnya