Kamis, 25 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Nasional

Pemerintah Harus Prioritaskan Penanganan Fakir Miskin

Bagikan:

Hidayatullah.com–Direktur Mitra Peduli Indonesia (MPI) Efri S. Bahri berharap tahun 2012 ini dapat menjadi momentum bagi pemerintah dalam penanganan fakir miskin. Untuk itu, ia minta pemerintah memprioritaskan program penanganan fakir miskin. Hal ini sesuai dengan amanat Pasal 34 Undang-undang Dasar 1945 yang menyebutkan bahwa Fakir miskin dan anak- anak yang terlantar dipelihara oleh negara. Untuk itu, Peraturan Pemerintah yang diamanatkan UU No.13 Tahun 2011 perlu disegerakan.

“Dengan adanya kebijakan ini, maka seharusnya sudah muncul numenklatur baru yakni fakir miskin yang selanjutnya harus diakomodir di dalam APBN dan APBD. Dengan demikian, sesuai ketentuan UUD NRI Tahun 1945, negara bertanggung jawab untuk menangani  fakir miskin guna memenuhi kebutuhan dasar yang layak bagi kemanusiaan”, jelas Alumni Universitas Andalas ini.

Lebih lanjut ia memaparkan, setelah 66 tahun merdeka, Indonesia telah memiliki kebijakan tentang penanganan fakir miskin dengan disyahkannya Undang-Undang No.13 Tahun 2011, Tentang Penanganan Fakir Miskin.

Sebagaimana diketahui, Fakir miskin menurut UU ini adalah fakir miskin adalah orang yang sama sekali tidak mempunyai sumber mata pencaharian dan/atau mempunyai sumber mata pencaharian tetapi tidak mempunyai kemampuan memenuhi kebutuhan dasar yang layak bagi kehidupan dirinya dan/atau keluarganya.

“Sedangan penanganan fakir miskin adalah upaya yang terarah, terpadu, dan berkelanjutan yang dilakukan pemerintah, pemerintah daerah, dan/atau masyarakat dalam bentuk kebijakan, program dan kegiatan pemberdayaan, pendampingan, serta fasilitasi untuk memenuhi kebutuhan dasar setiap warga negara”, pungkasnya.*

Rep: Panji Islam
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Muhammadiyah  Fokus Bangun Peradaban Utama

Muhammadiyah Fokus Bangun Peradaban Utama

Komnas HAM: Operasi Teroris Langgar HAM

Komnas HAM: Operasi Teroris Langgar HAM

Ribuan Warga NU Hadiri Istighosah Hindari Aliran Menyimpang

Ribuan Warga NU Hadiri Istighosah Hindari Aliran Menyimpang

Sempat Ditolak di Manado, Dialog Fahri Hamzah Tetap Berlangsung Hangat

Sempat Ditolak di Manado, Dialog Fahri Hamzah Tetap Berlangsung Hangat

MUI Ajak Cairkan Suasana terkait Video UAS

MUI Ajak Cairkan Suasana terkait Video UAS

Baca Juga

Berita Lainnya