Kamis, 25 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Nasional

Indonesia Usulkan Tambahan Kuota 60.000 Calhaj

Bagikan:

Hidayatullah.com–Pemerintah Indonesia akan mengusulkan kembali penambahan kuota haji pada 2012 ke pemerintah Arab Saudi sekitar 60.000 dari kuota saat ini berjumlah 211.000.
 
Usulan itu akan disampaikan dalam Konferensi dan Pertemuan Parlemen Negara-negara Islam Anggota Organisasi Kerja Sama  Islam (OKI) Se-dunia atau The 7th Parliamentary Union of the OIC Member States (PUIC) Conference and Related Meetings yang digelar di Palembang, Sumatera Selatan, 24–31 Januari.
 
“Salah satu agenda rapat Indonesia mengusulkan kuota haji, tentunya PUIC memberi kesempatan Indonesia untuk meminta kuota haji, terlebih minat untuk menunaikan ibadah haji di Indonesia setiap tahun meningkat,” kata Sofwatillah Mozaib, salah satu delegasi Indonesia yang juga anggota Komisi VIII RI.
 
Menurut dia, setidaknya dalam pembahasan di konferensi, usulan penambahan kuota haji untuk rakyat Indonesia dipertimbangkan oleh pemerintah Arab Saudi.

Dia menjelaskan, usulan tersebut setidaknya juga dapat memperpendek daftar tunggu bagi masyarakat yang hendak menunaikan ibadah haji tahun ini.
 
“Indonesia salah satu negara muslim terbesar di dunia, saat ini diperkirakan penduduk Indonesia sudah mencapai 270 juta. Jika separuhnya saja muslim, dan berminat menunaikan ibadah haji, tentunya daftar tunggunya mungkin lama,” jelasnya, sebagaimana dimuat laman Bisnis.
 
Dia menegaskan, rencana dalam pembahasan tersebut, pihaknya akan mengusulkan tambahan setidaknya 60.000 lagi.
 
“Saat ini kuota Indonesia berjumlah sekitar 211.000 jamaah, jika disetujui tentu totalnya bisa mencapai sekitar 271.000,” paparnya.
 
Sidang PUIC hari ini masih tertutup. Semua peserta masih membahas program rapat untuk besok. Dari 51 negara yang rencananya akan menghadiri sidang, hingga kini sudah 37 negara datang di Palembang.
 
“Kami masih menunggu kehadiran 14 negara lagi, diperkirakan sore ini akan tiba,” papar Ganda Yuni, Ketua Panitia Daerah.
 
Negara yang sudah hadir di antaranya, Lebanon, Moroko, Qatar, Sudan, Uganda, Mozambik, Suriah, Azerbaijan, Kuwait,  Pakistan,  Senegal,  Libya, Kyrgyzstan, Palestina, Somalia, Turki, dan Tunisia.*

Rep: Ama Farah
Editor: Syaiful Irwan

Bagikan:

Berita Terkait

PKS Nilai Dubes Uni Eropa Ingin Mempengaruhi DPR

PKS Nilai Dubes Uni Eropa Ingin Mempengaruhi DPR

Semua Pihak Diminta Menahan Diri dalam Persoalan Papua

Semua Pihak Diminta Menahan Diri dalam Persoalan Papua

Tempat Ibadah Non Muslim Tumbuh Cepat, Fakta Toleransi Umat Islam

Tempat Ibadah Non Muslim Tumbuh Cepat, Fakta Toleransi Umat Islam

Sejumlah Tokoh KAMI Ditangkap, HNW: Segera Bebaskan Mereka

Sejumlah Tokoh KAMI Ditangkap, HNW: Segera Bebaskan Mereka

Pemda Depok Akan Tutup Karaoke Bandel

Pemda Depok Akan Tutup Karaoke Bandel

Baca Juga

Berita Lainnya