Selasa, 23 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Nasional

Hindari Narkoba, Pelajar Dites Urine

Bagikan:

Hidayatullah.com–Dinas Pendidikan Kota Padang, Sumatera Barat, menyatakan bahwa dalam waktu dekat akan melakukan tes urine terhadap semua pelajar yang ada di daerah itu.

Kepala Bidang SMP SMK dan SMA Dinas Pendidikan Kota Padang, Jufri Siry, di Padang, Senin 923/01/2012), mengatakan, pemeriksaan urine terhadap para pelajar di daerah itu untuk mengetahui apakah ada yang terlibat narkotika dan bahan obat berbahaya (narkoba).

“Kita dalam waktu akan memberlakukan tes urine terhadap para pelajar di kota ini, untuk memastikan tidak ada pelajar yang terlibat narkoba di daerah ini, serta menghindari pelajar manjadi korban peredaran barang haram itu,” kata Jufri.

Dia menambahkan, dalam pelaksanaan tes urine itu, Dinas Pendidikan Kota Padang akan bekerja sama dengan Badan Narkotika Kota (BNK), dan pelajar yang akan dilakukan tes tersebut mulai tingkat SMP hingga SMA sederajat.

Wacana memberlakukan tes urine terhadap seluruh pelajar di daerah itu, setelah adanya dugaan tiga pelajar di Kota Padang, merupakan pemakai narkotika.

Tiga pelajar dengan inisial MI (17), YD (18), A (17) yang bersokolah di salah satu SMK Kota Padang pada Sabtu (1/1) sekitar pukul 23.30 WIB, diringkus Satuan Narkoba Polresta Padang, di Kotoparak, Kecamatan Pauh. Diciduk juga DA (24) dan Indra (37), sementara JJ (28) yang merupakan bandar berhasil melarikan diri dalam penggerebekan itu.

“Narkoba sudah merasuki generasi muda. Pelajar atau remaja yang terlibat, dari hasil pengkajian adalah mereka yang tidak memiliki konsep hidup yang baik, sehingga dengan mudah dirasuki pelaku kejahatan dan menjerumuskannya,” jelas Jufri, dimuat Antara. Sebab itu perlu dilakukan pemeriksaan urine secepatnya, untuk menindak lanjuti kasus narkoba itu.

Sehubungan dengan hal itu, Dinas Pendidikan Kota Padang akan memberikan pembinaan khusus, dan bila perlu dikarantinakan jika mereka terbukti bersalah.

Jufri mengharapkan, dengan tertangkapnya pelajar Kota Padang dalam kasus narkoba itu, ke depan tidak ada lagi pelajar yang ikut terlibat, dan diharapkan tidak ada pelajar yang positif saat tes urine dilakukan Dinas Pendidikan Kota Padang.*

Rep: Ama Farah
Editor: Syaiful Irwan

Bagikan:

Berita Terkait

Kemenag Luncurkan SPMB-PTAIN Online

Kemenag Luncurkan SPMB-PTAIN Online

PII Usulkan Komnas Perlindungan Anak Korban Perang

PII Usulkan Komnas Perlindungan Anak Korban Perang

Psikolog: Orangtua Harus Jadi Sahabat Bagi Anak

Psikolog: Orangtua Harus Jadi Sahabat Bagi Anak

Sambut Pelantikan Jokowi-JK, KAMMI Jawa Timur Gelar Aksi

Sambut Pelantikan Jokowi-JK, KAMMI Jawa Timur Gelar Aksi

Soeripto: Tugas KAMMI Evaluasi Perjalanan Bangsa dan Umat Islam

Soeripto: Tugas KAMMI Evaluasi Perjalanan Bangsa dan Umat Islam

Baca Juga

Berita Lainnya