Kamis, 25 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Nasional

SAR Hidayatullah akan Lepas Penyu dan Tanam Pohon

Bagikan:

Hidayatullah.com- Dalam rangka meningkatkan kemampuan para anggotanya, Tim SAR Hidayatullah akan menggelar Ekspedisi Ujung Kulon Jilid 2 dalam waktu dekat ini. Ekspedisi serupa pertama kali pernah diadakan akhir 2009 lalu.

Ketua III Divisi Pendidikan dan Pelatihan SAR Hidayatullah, Usman Abdul Hamid kepada hidayatullah.com, Jumat (20/01/2012) menjelaskan, perjalanan menjelajahi alam ini direncanakan berlangsung selama sepekan pada 23 – 30 Januari 2012.

Rute yang ditempuh nantinya sebagaimana rute pada ekspedisi perdana, dengan beberapa penambahan.

“Agendanya, pada hari pertama pembukaan di Polonia, Jakarta Timur (kantor SAR Hidayatullah). Hari kedua berangkat ke Ujung Kulon. Pada hari ketiga, mulai tracking (pelacakan medan) menuju Karang Panjang kemudian menginap di Cibandawo,” tuturnya.

Pada hari keempat tim ekspedisi akan bergeser ke Cibunar. Di sini juga bermalam. Lepas dari Cibunar, perjalanan dilanjutkan ke Sanghiang Sira lalu ke Pulau Peucang, jelas Usman. Dari pulau tersebut kembali ke basecamp (markas) awal di Taman Jaya, Ujung Kulon, Pandeglang, Banten.

“Rutenya mengelilingi seluruh pos-pos yang ada di Ujung Kulon. Jika tahun lalu ada yang tidak didatangin, sekarang (nantinya akan) disapu rata,” ujarnya.

Tak hanya menjelajahi hutan, gunung ataupun laut, Ekspedisi Ujung Kulon SAR Hidayatullah 2012 juga dirangkai dengan kegiatan sosial. Kegiatan tersebut berupa penanaman sekitar 150 pohon dan pelepasan penyu. Penanaman pohon akan dilakukan di Taman Jaya. Sedangkan sejumlah penyu nantinya dilepas di Pantai Cibandawoh, juga di Ujung Kulon.

Usman menjelaskan, selain untuk lingkungan, sebagai rangkaian dari kegiatan ekspedisi itu juga adalah bakti sosial untuk masyarakat setempat. Seperti pelatihan dasar terkait penanganan bencana dan pengenalan pengobatan akupuntur.

Keseluruhan agenda ekspedisi ini, bagi dia, merupakan bentuk kepedulian Tim SAR Hidayatullah pada lingkungan.

“Kami ingin membangun solidaritas terhadap kegiatan kebencanaan. Juga menyadarkan masyarakat akan pentingnya menanam pohon untuk masa depan anak cucu kita agar mereka tetap dapat menikmati alam raya ini, nantinya,” kata pria asal Sulawesi selatan itu.

Di samping itu, saat ini Tim SAR Hidayatullah benar-benar ingin memperlihatkan kinerja mereka di lapangan secara nyata. Usman pun berharap para relawan SAR Hidayatullah di seluruh wilayah Indonesia agar senantiasa meng-update kegiatan-kegiatan ke-SAR-annya.

Peserta ekspedisi bertajuk “Bagi Anda Yang Suka Tantangan dan Punya Nyali” itu sendiri dibatasi hanya untuk 20 pendaftar. Bagi yang berminat bisa menghubungi Usman di nomor 081398467231 atau Maghfur (085217502133).*

Rep: Muhammad Abdus Syakur
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Pulang Gratis, Mahasiswa di Kairo Belum Kembalikan Boarding Pass

Pulang Gratis, Mahasiswa di Kairo Belum Kembalikan Boarding Pass

Ibu-Ibu Tolak Kehadiran Lady Gaga

Ibu-Ibu Tolak Kehadiran Lady Gaga

Keteladanan, Kunci Keberhasilan Pendidikan Karakter

Keteladanan, Kunci Keberhasilan Pendidikan Karakter

Terkait Kasus Ahok, Majelis Az-Zikra Gelar “Istighotsah untuk Keberkahan Negeri”

Terkait Kasus Ahok, Majelis Az-Zikra Gelar “Istighotsah untuk Keberkahan Negeri”

MUI Pangkalpinang Bentuk Dewan Sertifikasi Halal

MUI Pangkalpinang Bentuk Dewan Sertifikasi Halal

Baca Juga

Berita Lainnya