Banjarmasin Akan Bangun Masjid Cheng Ho

Bentuk masjid gabungan antara ornamen bernuansa China dengan Budaya Banjar berupa perahu khas Banjar

Banjarmasin Akan Bangun Masjid Cheng Ho

Terkait

Hidayatullah.com–Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin Kalimantan Selatan segera membangun sebuah masjid Cheng Ho, yaitu masjid berarsitektur China di kawasan kepariwisataan sungai kota setempat.

Wali Kota Banjarmasin, Haji Muhidin bersama sejumlah pejabat di lingkungan Pemko Banjarmasin saat meninjau lokasi pembangunan masjid Cheng Ho di Jalan Pire Tendean Banjarmasin, Senin (16/01/2012), mengatakan rencana pembangunan itu sudah final.

Tahun ini juga sudah mulai dibangun dengan dana awal Rp1,5 miliar, dan kemungkinan dana itu lebih besar lagi yang dihimpun dari berbagai sumber, tetapi bukan dana dari Pemkot setempat.

Pemkot Banjarmasin hanya menyediakan lahan, untuk membangunnya menggunakan dana donatur, terutama dari kalangan kaum muslim China yang tergabung dalam anggota Persatuan Iman Tauhid Islam (PITI) setempat.

Bentuk masjid gabungan antara ornamen bernuansa China dengan Budaya Banjar, tetapi bentuk dasarnya seperti perahu tambangan, sebuah perahu khas Banjar.

“Karena berada di tengah lokasi kepariwisataan sungai maka bentuk masjid menyesuaikan yaitu bentuk perahu, sehingga unik dan menarik dan diharapkan bangunan masjid akan menjadi ikon kawasan setempat,” kata Haji Muhidin.

Masjid tersebut akan menjadi bagian kepariwisataan sungai dan di wilayah tersebut juga akan dibangun dermaga angkutan kepariwisataan air, menara pantau, monumen Bekantan (kera hidung panjang/Nasalis larvatus), dan fasilitas pariwisata ,lainnya.

Mengambil nama Cheng Ho karena Cheng Ho adalah panglima perang Bangsa China beragama Islam yang pernah datang ke Indonesia.*

Keterangan foto: Masjid dengan nama Cheng Ho yang ada di Surabaya.

Rep: Muhammad Usamah

Editor: Syaiful Irwan

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik:

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !