Kamis, 25 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Nasional

Umat Islam akan Gelar Sholat Gerhana Bulan Malam Ini

Bagikan:

Hidayatullah.com—Sebagai pengakuan kebesaran Allah menandai keajaiban alam, elemen umat Islam di berbagai daerah akan melaksakan shalat gerhana bulan Sabtu (10/12/2011) malam ini.

Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Bandung mengimbau kepada umat muslim Kota Bandung, khususnya jamaah Muhammadiyah untuk melaksanakan salat gerhana, malam ini. Kegiatan tersebut tidak difokuskan di satu titik melainkan tersebar di sejumlah masjid.

“Sebagaimana sunah Rasul, tiap gerhana bulan maupun matahari selalu ada salat di masjid-masjid. Kami imbau masjid-masjid Muhammadiyah melaksanakan salat gerhana,” ujar Ketua Muhammadiyah Kota Bandung, Rifky Ali Mubaroq.

Muhammadiyah Bandung telah menyiapkan 30 yang tersebar di kecamatan di Kota Bandung.

Sementara itu, dalam rilisnya yang dikirim ke hidayatullah.com, SMK Muhammadiyah Jatiroto, Kab. Lumajang, Jawa Timur, juga mengabarkan akan menggelar sholat gerhana berjamaah di area sekolah.

Shalat gerhana ini akan diselenggarakan tepat saat terjadinya Gerhana Bulan Total (GBT) pada Sabtu, 10 Desember 2011 pk. 19.45 WIB. Penentuan waktu dan jam terjadinya Gerhana Bulan Total didasarkan pada kalender Muhammadiyah.

Sholat Gerhana Bulan Total ini akan diikuti sekitar 300 siswa ditambah Dewan Guru. Selain civitas sekolah, Pihak sekolah juga menghimbau dan mengajak Umat Muslim sekitar sekolah untuk mengikuti sholat Gerhana Berjamaah. Setelah Shalat Gerhana Berjamaah, kegiatan ini akan disambung dengan kutbah.

Menurut Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah Jatiroto, Tugimanto, Sholat GBT ini, selain berhukum sunnah muakkad, ini juga menjadi media pembelajaran bagi siswa. Terutama untuk mengakui serta mengenalkan keagungan dan kebesaran Allah.

“Bagi siswa dan civitas sekolah selain untuk meneguhkan iman, kegiatan ini merupakan shalat satu bentuk dari implementasi Pendidikan Berkarakter yang dicanangkan Diknas Pendidikan,” sambung Tugimanto.

Momen GBT tepat untuk mengajak umat kembali mengingat kebesaran Allah. Terlebih kondisi bangsa saat ini tengah dilanda berbagai krisis. Mulai dari bencana, korupsi, hingga ketegangan yang terjadi antarumat beragama belakangan ini.

Di Medan, Persatuan Islam (Persis) Sumatera Utara juga mengajak umat Islam untuk melaksanakan Shalat Gerhana Bulan. Ketua PW Persis Sumut Muhammad Nuh mengatakan berdasarkan surat edaran Ketua PP Persis, Prof KH Abdurrahman, menyebutkan bahwa pada Sabtu (10/12/2011) yang bertepatan dengan 14 Muharram 1433 Hijriyah, akan terjadi gerhana bulan total.

Karena itu, Persis Sumatera Utara akan menggelar shalat berjamaah di Masjid Hj Khairuna Fauzi.

“Kami sendiri berencana menggelar Salat Gerhana Bulan itu secara berjamaah di Masjid Hj Khairuna Fauzi, di Kompleks Kejaksaan Simpang Selayang, Medan Tuntungan,” katanya dikutip Harian Sumutpos.

Seperti diberitakan sebelumnya, diperkirakan hari Sabtu (10/12/2011) malam terjadi fenomena alam berupa gerhana bulan. Pada malam Ahad itu, masyarakat di seluruh Indonesia bisa menyaksikan gerhana bulan total yang akan berlangsung selama 51 menit 8 detik.

Menurut Kepala Observatorium Bosscha, Hakim L. Malasan, peristiwa ini akan bisa disaksikan dengan mata telanjang mulai pukul 18.33 WIB-00.29 WIB. Puncak gerhana diprediksi berlangsung pada pukul 21.06 WIB-21.57 WIB.*

Rep: Panji Islam
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Tiap Pekan Ratusan Warga Sunni Iraq Dijatuhi Hukuman Mati

Tiap Pekan Ratusan Warga Sunni Iraq Dijatuhi Hukuman Mati

Sidang Buni Yani, Prof Yusril Ihza:  Tidak Ada Unsur Pidana

Sidang Buni Yani, Prof Yusril Ihza: Tidak Ada Unsur Pidana

Gara-gara Jalan Tol, Petani Kesulitan Pergi ke Sawah

Gara-gara Jalan Tol, Petani Kesulitan Pergi ke Sawah

KH. Ma’ruf Amin: Masalah Halal Sudah jadi Masalah Kemanusiaan

KH. Ma’ruf Amin: Masalah Halal Sudah jadi Masalah Kemanusiaan

Din: Tak Bisa Selesai Hanya dengan Dalih Orang Gila

Din: Tak Bisa Selesai Hanya dengan Dalih Orang Gila

Baca Juga

Berita Lainnya