Jum'at, 22 Oktober 2021 / 15 Rabiul Awwal 1443 H

Nasional

Silaknas ICMI Diharapkan Hasilkan Piagam Kendari

Bagikan:

Hidayatullah.com–Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) H Nur Alam mengharapkan, kegiatan nasional melalui Silaturahmi Kerja nasional Cendekiawan Muslim Indonesia (Silaknas-ICMI) 2011 bisa melahirkan deklarasi Piagam Kendari.

“Kalau kegiatan-kegiatan nasional di provinsi lain bisa melahirkan sebuah gagasan nasional, maka saya harapkan Silaknas tahun ini juga ada yang bisa diputuskan dan disepakati secara nasional,” kata Nur Alam saat bersama-sama pengurus ICMI Pusat melakukan jumpa pers di Aula Merah Putih, rumah jabatan Gubernur Sultra di Kendari, Kamis (8/12/2011).

Hadir pada kesempatan itu, Ketua Presidium ICMI Pusat Dr Ing Ilham Habibie, Ketua Panitia Silaknas ICMI Pusat, Aksan Alala (putra mantan gubernur Sultra H Alala), Ketua Orwil ICMI Sultra, Prof Dr Yusuf Abadi (Pembantu Rektor IV Universitas Haluoleo), Ketua Panitia Silaknas ICMI Sultra Prof Dr Andi Bahrun, M.Eng, mantan Rektor UT dan dosen tetap Unhalu.

Menurut Nur Alam, kegiatan Silaknas ICMI di Kota Kendari merupakan langka maju dan positif bagi pengurus ICMI Pusat yang memberi kesempatan kepada Sultra sebagai kota kecil di Indonesia.

“Biasanya kegiatan yang bersifat nasional jarang dilakukan di kota-kota kecil seperti Kota Kendari, namun syukur Alhamdulillah, Sulawesi Tenggara dipilih untuk kegiatan nasional saat ini,” kata Nur Alam.

ICMI sebagai organisasi masyarakat terbesar yang bernuansa keagamaan itu, diharapkan akan memberi manfaat yang positif bagi seluruh masyarakat, khususnya di Sulawesi Tenggara.

Oleh karena itu, kata Nur Alam, kegiatan Silaknas-ICMI yang akan berlangsung selama tiga hari (9,10 dan 11 Desember 2011) diharapkan berjalan sukses dan lancar tanpa ada hambatan maupun gangguan yang berarti.

Ketua Presidium ICMI Pusat, Ilham Habibie mengatakan, dipilihnya Kota Kendari, Sulawesi Tenggara dalam agenda nasional Silaknas 2011 merupakan kebanggaan masyarakat Sultra dalam kancah bahwa Sultra merupakan salah satu provinsi yang sudah diperhitungkan di tingkat nasional.

“Terus terang daerah Sultra ini, baru pertama kali saya berkunjung dan ternyata memiliki sumber daya alam yang luar biasa,” kata putra pertama BJ Habibie itu, dimuat Antara.

Ia mengatakan, kegiatan Silaknas-ICMI di Kota Kendari itu, tidak hanya untuk merumuskan beberapa program dan solusi nasional, tetapi juga akan mamberikan masukan dari semua peserta 33 provinsi maupun dari orwil ICMI luar negeri.

Ketua Orwil ICMI Sultra, Prof Yusuf Abadi mengatakan, kegiatan Silaknas ICMI dimaksudkan sebagai ajang silaturahmi, konsolidasi dan bertukar gagasan antarcendekiawan ICMI dan cendekiawan lainnya dengan semangat kebangsaan dalam upaya mengatasi persoalan bangsa dewasa ini.

Tujuannya adalah, menggali rumusan-rumusan dan strategi pengembangan untuk meningkatkan pengembangan potensi bangsa sebagai modal sosial, ekonomi dan politik yang mendorong terciptanya kemakmuran bangsa.

Jumlah peserta yang diperkirakan hadir sebanyak 350 orang, di luar panitia pusat dan tuan rumah Sultra, sehingga seluruhnya diperkirakan mecapai 500-650 orang.*

Rep: Ibnu Sumari
Editor: Syaiful Irwan

Bagikan:

Berita Terkait

sidang-habib-rizieq

Akhirnya, Hakim Kabulkan Permintaan Habib Rizieq Gelar Sidang Eksepsi Tatap Muka Jumat Mendatang

Konferensi Internasional, Menag Ajak Muslimin Bersatu Bela Palestina

Konferensi Internasional, Menag Ajak Muslimin Bersatu Bela Palestina

Kemenag Susun Kode Etik dan Perilaku ASN

Kemenag Susun Kode Etik dan Perilaku ASN

Bekasi Terbitkan SK Pelarangan Kegiatan Ahmadiyah

Bekasi Terbitkan SK Pelarangan Kegiatan Ahmadiyah

Forum Ulama Muda Jakarta: Ahok Tak Patut Jadi Gubernur, Berpotensi Lahirkan Konflik SARA

Forum Ulama Muda Jakarta: Ahok Tak Patut Jadi Gubernur, Berpotensi Lahirkan Konflik SARA

Baca Juga

Berita Lainnya